Lihat ke Halaman Asli

Bert Toar Polii (Bertje)

Atlet, Pelatih, Jurnalis Bridge

Membaca Kartu Lawan Saat Bidding Mempermudah Defense

Diperbarui: 30 Juni 2023   10:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Membaca Kartu Lawan Saat Bidding Mempermudah Defense

Oleh : Bert Toar Polii

Salah satu hal tersulit dalam permainan bridge adalah memilih warna yang tepat sebagai lead pembuka.

Walaupun sudah disediakan berbagai teori dasar untuk menentukan lead pembuka, seperti 4th best, 5th best, lead from top, lead pasif atau aktif dan lain-lian, namun itu saja tentu tidak cukup.

Pemilihan opening lead selain berbagai teori diatas ada beberapa factor penting yang harus dilakukan oleh seorang pemain, seperti :

Informasi saat lawan bidding: Selama bidding, para pemain menyampaikan informasi tentang kekuatan dan pola kartu mereka melalui penawaran yang mereka lakukan. Pemain yang melakukan opening lead harus menggunakan informasi ini untuk memilih kartu yang paling sesuai berdasarkan informasi diatas.

Karena itu dalam tulisan sebelumnya, tukang bridge menyarankan untuk mengajarkan sistim standart buat para pemain pemula.

Analisis distribusi kartu: Pemain yang melakukan opening lead juga harus menganalisis distribusi kartu di tangan mereka sendiri dan tangan lawan. Kita harus mencoba untuk mengidentifikasi di mana letak kartu kuat atau lemah dari lawan.

Komunikasi dengan pasangan : Opening lead juga dapat digunakan sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasangan. Pemain yang melakukan opening lead dapat memilih kartu yang mengkomunikasikan informasi tentang kekuatan atau kelemahan di tangannya, membantu pasangan untuk mengerti dan menyesuaikan strategi selanjutnya.

Penilaian posisi pemain: Pemain yang melakukan opening lead juga harus mempertimbangkan posisi pemain lain di meja. Misalnya, jika pemain di sebelah kiri penawar pertama adalah pemain yang kuat, opening lead mungkin perlu lebih hati-hati untuk menghindari memberikan keuntungan langsung kepada lawan.

Opening lead dalam bridge merupakan keputusan taktis yang bergantung pada banyak faktor. Pemain yang berpengalaman biasanya mengandalkan pengetahuan dan intuisi mereka untuk membuat keputusan terbaik berdasarkan situasi yang dihadapi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline