Lihat ke Halaman Asli

Bert Toar Polii (Bertje)

Atlet, Pelatih, Jurnalis Bridge

PB Gabsi Bersiap untuk 19th Asian Games 2022 Hangzhou

Diperbarui: 7 Februari 2022   08:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

E-Sport. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jamie McInall

PB Gabsi Bersiap Untuk  19th Asian Games 2022 Hangzhou

Oleh : Bert Toar Polii

Cabang olahraga bridge terpilih bersama 39 cabang olahraga lain untuk dipertandingkan kembali pada 19th Asian Games 2020 di Hangzhou yang rencananya akan berlangsung pada tanggal 10-25 September 2022.

Dengan demikian cabang olahraga bridge untuk kedua kalinya dipertandingkan di Asian Games setelah sebelumnya terpilih dipertandingkan di 18th Asian Games 2018 di Jakarta & Palembang.

Semoga dengan bergabung menjadi Minds sports bisa terus dipertandingkan di Asian Games 2026 yang rencananya di adakan di Nagoya, Jepang.

Mungkin untuk memperlancar ini maka sebaiknya PB Gabsi, Percasi, PBESI, PEXI yang sudah menjadi affiliasi Percasi sebagai unit catur gajah (xiangi) bersatu untuk mengadakan Kejuaraan Nasional Mind Sports bersama.

Saat ini sudah ada International Mind Sports Association yang didirikan 19 April 2005 dan  beranggotakan World Bridge Federation (WBF), International Go Federation (IGF), Fdration Mondiale du Jeu de Dames (FMJD), Fdration Internationale des checs (FIDE); the World Xiangqi Federation (WXF); the Mahjong International League (MIL) in 2017 dan  the Federation of Card Games (FCG).

Penulis ikut World Mind Sport Game 2008 yang diadakan pada tanggal 3-18 Oktober 2008 di Beijing, China yang diikuti Bridge, Chess, Draughts, Go, Xiang Qi (Chinese Chess) dan diikuti 140 negara.

Indonesia ikut di cabang olahraga bridge dan catur. Catur diwakili Utut Adianto dan Irene Sukandar waktu itu kami sempat bertemu di arena pertandingan.

Menghadapi event 19th Asian Games 2022 yang akan mempertandingkan 3 nomor beregu, yaitu beregu putra, putri dan campuran, PB Gabsi langsung bersiap agar mampu mengembalikan prestasi tinggi yang pernah di capai di Asia.

Persiapan telah menghasilkan hasil yang cukup baik dimana pada pertandingan seleksi Zone 6 untuk menentukan wakil zone ke 45th World Team Championships yang akan berlangsung di Salsomagiorre 29 Maret -- 9 April 2022, tim putri dan mixed keluar sebagai juara.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline