Lihat ke Halaman Asli

Pelestarian Mainan Tradisional Enggrang di Era Modern

Diperbarui: 25 Maret 2023   20:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Permainan tradisionl adalah suatu permainan zaman dahulu yang dibuat menggunakan alat-alat seadanya pada zaman dahulu, dan permainan tradisonal sendiri bisa menjadi ciri khas dari suatu negara. Contohnya dari Indonesia banyak sekali mainan tradisonal dari zaman dahulu dari masa penjajahan belanda dan itu sendiri menjadi peninggalan sejarah yang Indonesia punya dan pantut untuk dilestatikan, dijaga dan dikembangkan di dunia yang modern ini. 

Meskipun dunia sekarang sudah canggih banyak anak-anak sekarang yang lebih memilih menggunakan handpone untuk bermain game akan tetapi permainan tradisional tidak kalah lebih seru dengan game online. Contohnya permianan enggrang yang sekarang sudah hampir tidak dijumpai lagi.

Enggrang merupakan mainan tradisional jaman dahulu, enggrang sendiri berasal dari lampung yang artinya terompah pancung yang dibuat dengan bahan bambu bulat yang panjang akan tetapi permainan ini banyak di temui didaerah manapun.  

Enggrang sendiri dibuat dengan menggunakan 2 pasang mambu dan dibuat semacam tumpuan untuk kaki agar bisa dinaiki, banyak dari anak-anak hingga remaja mengetahui permainana ini tetapi banyak juga anak-anak yang tinggal didaerah perkotaan yang tidak mengetahui permainan ini. Dan pemainan enggrang sendiri sudah ada sejak dari zaman belanda salah satu permainan yang dimiliki Indonesia, bahkan sekarang permainan enggrang sendiri dijadikan bahan untuk melatih kekuatan otot, keseimbangan dll

Diera yang modern ini semua kebutuhan yang kita butuhkan dapat dijangkau dengan mudah dan cepat akan tetapi semua ada plus dan minusnya. Ketika seorang anak kecanduan bermain game online mereka tidak akan tau dunia diluar mereka akan cenderung mengurung diri dikamar dan bermain game online serta dari kecanduan tersebut banyak anak-anak yang mengalami gangguan kejiwaan jika permainan yang mereka mainkan kalah mereka akan lebih emosional dan cuek terhadap sekitar sebaiknya. Kita sebagai generasi muda seharunya mampu memanfaatkan teknologi dengan sebaik mungkin dijaman yang modern

Kita sebagai generasi muda bangsa Indonesia wajib untuk menjaga dalam melestarikan permainan tradisional dan mengenalkan permianan tradisonal kekancah dunia bahwa Indonesia memiliki banyak ragam budaya dan tradisi yang sangat menarik dan unik. Tak jarang permianan enggrang banyak dilombakan di peringatan ulangtahun Indonesia banyak dikawasan pedesaan yang mengadakan perlombaan enggrang sebagai salah satu ajang perlombaan walaupun masih ditinggakat pedesaan akan tetapi seengganya banyak anak-anak yang mengenal permainan enggrang dan tau cara untuk memainkan permainan enggrang.

Nilai-nilai konservasi yang dapat diterepkan dalam permainan tradisonal adalah peduli kita wajib peduli terhadap perkembangan bangsa indoensia contoh untuk tetap melestarikan permainan tradisonal seperti enggrang ada banyak cara untuk melestarikan permainan tradisonal seperti membuat perlombaan enggrang dengan cara yang menyenangkan, melakukan sosialisasi, mengadakan kegiatan khusus untuk permainan tradisional

Permainan tradisioanl merupakan budaya Indonesia yang harus dijaga dan dicintai, karena setiap permainan meninggalkan kisah dibalik permainannya, apalagi permainan ini terbuat dari bahan yang ramah lingkungan seperti dari batok kelapa, kayu atau pun bambu.

Kesimpulannya

Permainan tradisoanal harus tetap diletarikan walaupun sekarang sudah zaman yang modern jangan sampai permainan ini ditinggalakan begitu saja, terutama untuk generasi muda bangsa Indonesia mereka harus mengenal macam-macam peningggalan zaman dahulu jangan sampai mereka lupa akan budaya maupun tradisional bangsa Indonesia dan permainan tradisioanal zaman dahulu tidak kalah menyenangkan ketimbanag permainan game online, permainan enggrang pun juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. kita sebagai penerus bangsa Indonesia / generasi muda Indonesia wajib melestarikan dan menjaga budaya Indonesia.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline