Lihat ke Halaman Asli

Berta Niken

Niken adalah Guru di salah satu Sekolah di Provinsi Lampung

Pembelajaran Berdiferensiasi, Upaya Memaksimalkan Potensi Siswa

Diperbarui: 13 April 2022   23:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Observasi kelas Pembelajaran Berdirensiasi CGP Angaktan 4 (Dok. Pribadi)

Kompasiana.com, Pringsewu_Upaya Memaksimalkan Potensi Siswa bisa ditempuh denagn berbagai cara, dan salah satu cara yang saat ini sedang dikembangkan adalah Pembelajaran Berdiferensiasi. 

Pembelajaran Berdiferensiasi adalah pembelajaran yang memberi keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa tersebut. Pembelajaran berdiferensiasi tidak hanya berfokus pada produk pembelajaran, tapi juga fokus pada proses dan konten/materi.

Menurut penjelasan yang dikutip dari Wikipedia Pembelajaran berdiferensiasi atau differentiated instruction  adalah proses atau filosofi untuk pengajaran efektif dengan memberikan beragam cara untuk memahami informasi baru untuk semua siswa dalam komunitas ruang kelasnya yang beraneka ragam.

Ini termasuk cara untuk: mendapatkan konten; mengolah, membangun, atau menalar gagasan; dan mengembangkan produk pembelajaran dan ukuran penilaian sehingga semua siswa di dalam suatu ruang kelas yang memiliki latar belakang kemampuan beragam bisa belajar dengan efektif. 

Proses mendiferensiasikan pelajaran dilakukan untuk menjawab kebutuhan, gaya, atau minat belajar dari masing-masing siswa.

Sebagai guru kita seringkali dihadapkan oleh keberagaman di kelas dari siswa yang ada di kelas kita. Tentunya Siswa tersebut memiliki Backgroud keluarga yang beranela ragam, sehinga juga mempengaruhi keterampilan siswa tersebut. 

Keberagaman dari setiap individu siswa  harus selalu diperhatikan, karena setiap peserta didik tumbuh di lingkungan dan budaya yang berbeda sesuai dengan kondisi geografis tempat tinggal mereka.

Tanpa disadari oleh para guru, ternyata guru memiliki keterampilan untuk menghadapi keragaman tersebut karena begitu naturalnya hal ini terjadi di kelas dan betapa terbiasanya guru menghadapi tantangan ini. Guru selalu berusaha untuk memastikan setiap murid di kelas mereka berhasil dalam proses pembelajarannya.

Sekarang coba anda ingat  satu persatu siswa di kelas Anda,  bagaimanakah karakteristik setiap anak di kelas Anda? Tahukah Anda apa kekuatan mereka? Bagaimana gaya belajar mereka? Apa minat mereka? 

Siapakah yang memiliki kemampuan membaca dan menulis paling baik di kelas Anda? Siapakah yang punya kemampuan berhitung paling baik? Siapakah yang paling menyukai  gambar ? Siapakah yang senang mendengarkan music ?  atau Siapakah yang lebih senang berbicara?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline