Lihat ke Halaman Asli

BERTA AZIZAH

Bismillah..

PKM Prodi S2 Bimbingan Konseling UNESA kerjasama dengan Musyawarah Guru Bimbingan Konseling SMP Tulungagung

Diperbarui: 27 Mei 2023   19:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PKM Prodi S2 BK Unesa kerjasama dengan MGBK SMP Tulungagung, Dok. Pribadi

Dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satunya adalah melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), maka baru-baru ini Universitas Negeri Surabaya (UNESA) bekerja sama dengan Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Kabupaten Tulungagung mengadakan pelatihan pendampingan penggunaan buku saku bagi guru BK untuk meningkatkan perencanaan karier siswa SMP. Kegiatan tersebut diikuti oleh guru-guru bimbingan konseling (BK) SMP se-Kecamatan Tulungagung yang terdiri dari guru BK enam sekolahan yaitu SMPN 1 Tulungagung, SMPN 2 Tulungagung, SMPN 3 Tulungagung, SMPN 4 Tulungagung, SMPN 5 Tulungagung, dan SMPN 6 Tulungagung.

PKM tersebut diadakan pada hari Sabtu, 13 Mei 2023 yang bertempat di SMPN 2 Tulungagung sebagai tuan rumah. Tampil sebagai narasumber pada PKM tersebut adalah Dr. Elisabeth Christiana, M.Pd., yang menyampaikan materi tentang Buku Saku Perencanaan Karier beserta Berta Azizah, S.Psi., dengan materi Teori Perencanaan Karier John Holland. Tema tentang pelatihan buku saku karier tersebut diangkat dengan alasan untuk membantu siswa/siswi SMP supaya lebih memahami potensi yang ada pada dirinya serta membantu mengarahkan baik untuk memilih sekolah lanjutan maupun merencanakan pilihan karier di masa depan. Terlebih sekarang ini sekolah-sekolah sedang menggalakkan program literasi untuk meningkatkan minat baca siswa, maka dengan pelatihan pendampingan penggunaan buku saku tersebut dapat menunjang program literasi sekolah.

Dari awal acara dimulai hingga berakhirnya acara, bapak/ibu guru BK terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan. Begitu juga pada saat sesi tanya jawab, bapak/ibu guru BK semangat untuk bergantian bertanya bahkan untuk sekedar berbagi pengalaman yang terjadi di sekolahan masing-masing untuk bersama mencari solusi, jalan terbaik tentang permasalahan yang sedang dihadapi oleh siswa/siswinya.  Diungkapkan oleh Drs. Muji Santosa selaku ketua MGBK Kabupaten Tulungagung, bahwa beliau mewakili bapak/ibu guru BK sangat tertarik dengan materi yang disampaikan dan beliau menunggu untuk kegiatan-kegiatan lainnya bersama UNESA yang dapat meningkatkan keprofesionalan guru BK. Hal senada juga diutarakan oleh Bambang Nurdin, S.Pd., M.Pd., selaku PJP BK Kabupaten Tulungagung bahwa beliau sangat senang dengan adanya kegiatan PKM tersebut dan menantikan kegiatan selanjutnya bahkan beliau berharap adanya kerjasama dengan pihak UNESA dapat rutin terprogramkan bagi MGBK Kabupaten Tulungagung. Begitu juga pendapat dari bapak/ibu guru BK selaku peserta pelatihan yang sangat senang mendapatkan ilmu-ilmu baru yang dapat diterapkan langsung di sekolahan masing-masing.

Narasumber pelatihan, Dok. pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline