Lihat ke Halaman Asli

Jangan Bilang WOW di Pontianak

Diperbarui: 24 Juni 2015   22:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Beda kampung, beda juga pengertian bahasa yang digunakan sehari – hari, walaupun secara tulisan maupun cara membacanya jelas kesamaanya. Contoh misalnya, jika dalam bahasa Sunda, Bujur itu artinya PANTAT, maka dalam bahasa Melayu itu artinya lurus, atau dalam bahasa batak artinya terima kasih. Dalam bahasa Jawa, Bujur itu artinya kain percak yang sudah tidak dipakai lagi. Nah jika anda ketemu penjahit yang kebetulan orang sunda, lalu anda bertanya “Bu, punya bujur robek – robek pastinya kan? Tentu mulut anda akan dijahit, hehehe.

Maaf jika masih sedikit jorok, dalam bahasa Lampung KANJUT itu artinya Hanyut, jadi jika ada orang lampung bilang “aduh, ada anak kanjut dibawa air” tentu jika tidak dimengerti oleh orang sunda, akan menyangka bahwa ada anak yang alat kelaminya dibawa air.

Pipis. Di Bali, pipis berarti uang. Jika anda bilang ke orang Bali, “Mas saya mau pipis, tentu jika tidak dipahami maksudnya, orang bali akan memberi anda uang. Asyik bukan, hehehehe. Kalau begitu, kita bilangmau pipis terus sampai basah celana kita.

Karung. Dalam bahasa Dayak Ngaju, Karung itu artinya kamar. Jika kebetulan anda bertanya kepada orang dayak ngaju, “Mbak, istri saya di mana? Tentu dijawabnya, itu di dalam karung. Busyetttttt dah, istri kita dikarungin.

Butuh. Pak Suharto bertanya kepada petani di Kalimantan Selatan, apakah di sini petani – petaninya butuh pacul? Tentu dijawab, maaf pak harto, petani disini butuhnya tidak pacul (lepas), nah itu tau kan maksud saya. Dalam bahasa banjar, pacul itu artinya lepas, dalam bahasa sunda, pacul itu artinya cangkul.

Terus jangan bilang WOW kalau di Pontianak, soalnya pengertiannya adalah tidak mampu berdiri..Terus Saya harus bilang WOW gitu? hehehe




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline