Dalam menjalankan dan melaksanakan sebuah pekerjaan, tentunya ada beberapa hal penting dan faktor yang dapat menunjang serta mempengaruhi suatu keberhasilan dalam sebuah organisasi. Dan yang paling penting adalah kenyamanan para pekerja, karena kenyamanan dan keamanan sangat berpengaruh terhadap produktivitas dan efektivitas. Apabila salah seorang pekerja tidak merasa nyaman dalam bekerja, maka dalam melaksanakan pekerjaannya mungkin akan merasa terbebani dengan menjalankan pekerjaannya, dan karyawan tidak maksimal dalam menjalankan pekerjaannya.
Tujuan Pengadaan Tata Ruang
Tujuan diadakannya tata ruang kanto adalah untuk menunjang segala kegiatan kantor agar semua pekerjaan kantor berjalan dengan lancar dan mencapai sebuah tujuan. Tata ruang yang tepat dapat berdampak pada terlaksannya pekerjaan kantor dengan lancar, tertib dan tanpa hambatan. Apabila dalam pelaksanaannya berjalan dengan tertib makan komunikasi dalam kantor pundapat berjalan dengan lancar dan baik, sehingga pimpinan dalam melakukan pengawasan dan menkoordinasikan karyawan mudah dan akhirnnya pekerjaan dapat selesai secara efektif dan efisien.
Beberapa Faktor yang menjadi tolak ukur ketepatan sebuah ruang
1. Pencahayaan
2. Suhur uang
3. Temperatur
4. Kelembapan udara
5. Suara
6. Dekorasi ruang
7. Aroma