Lihat ke Halaman Asli

Belajar Asik dengan Liveworksheets

Diperbarui: 19 Agustus 2023   15:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Tidak pernah terbayangkan sebelumnya bahwa aktivitas manusia akan dibatasi di awal tahun 2020 atau tepatnya trimester pertama di tahun 2020 dengan adanya pandemi covid-19.   

Dunia berubah karena penyebaran virus corona yang mematikan, bahkan penyebarannya pun sangat cepat baik di seluruh dunia maupun di Indonesia sendiri.  

Orang- orang mulai takut dengan adanya virus ini.   Dan untuk memutus mata rantai virus ini, pemerintah mengambil kebijakan dengan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di beberapa wilayah selama tahun 2020.  

Kebijakan ini meminta kita untuk tetap di rumah saja, kita diminta berdiam diri di rumah, bahkan kerjapun juga harus dari rumah atau bahasa ngetrennya work from home.  Bagaimana dengan anak- anak? Ya, tentu saja mereka juga harus belajar dari rumah masing- masing.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengambil kebijakan bagi sekolah- sekolah untuk menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam jaringan atau lebih kita kenal dengan  istilah sekolah online sebagai solusi supaya anak- anak tetap mendapatkan pendidikan di masa pandemi covid-19.  Bukan hal yang mudah bagi para guru untuk melaksanakan sekolah online ini.  

Banyak guru merasa tidak mampu karena gaptek, bahkan tidak sedikit guru yang tidak memiliki sarana penunjang khususnya alat elektronik yang cukup memadai untuk proses pembelajaran jarak jauh ini.  

Pada awalnya WhatsApp group digunakan untuk membagikan tugas maupun mengumpulkan tugas.  Lalu berlanjut dengan penggunaan aplikasi zoom meeting yang memungkinkan guru dan para siswa dapat saling melihat dan menyapa meskipun hanya melalui layar. Kemudian, para guru mulai menggunakan google form sebagai lembar kerja siswa. 

Saya sebagai guru merasa terbantu dengan adanya aplikasi- aplikasi tersebut.  Namun lama- kelamaan, saya merasa bahwa saya perlu memberikan suatu perubahan dalam menyampaikan bentuk soal- soal latihan maupun ulangan supaya anak- anak tidak bosan. Saya pun teringat dengan akun saya di sebuah website pembuatan lembar kerja interaktif yaitu liveworksheets.com.  Tapi jangan ditanya berapa banyak lembar kerja interaktif yang sudah saya buat sebelumnya.  Sama sekali belum ada.  Malas sekali saya ya. :D Karena pandemi, saya mulai memanfaatkan akun saya tersebut dan hingga saat ini saya sudah membuat dan mengunggah lebih dari 100 LKPD yang saya unggah di platform ini.

Liveworksheets adalah platform online yang memungkinkan guru membuat lembar kerja dan aktivitas interaktif untuk siswanya yang menawarkan model latihan yang bervariasi, antara lain isian singkat, uraian, pilihan ganda, mencocokkan, bahkan dilengkapi dengan fitur suara yang memungkinkan kita untuk membuat latihan listening, dan juga fitur speaker jika kita ingin melatih keterampilan berbicara siswa kita. Dengan menggunakan liveworksheets, saya tertantang untuk selalu kreatif menciptakan LKPD yang selalu berbeda dan menarik. Menariknya, platform www.liveworksheets.com ini memberikan umpan balik segera setelah siswa mengumpulkan hasil pekerjaan mereka.  Hal ini sangat memungkinkan bagi mereka untuk melihat jawaban mereka dan belajar dari kesalahan mereka.  Platform ini pun dapat diakses oleh siswa melalui perangkat komunikasi elektronik apapun dan dari manapun. Namun, untuk mengakses platform ini, diperlukan koneksi internet.

Liveworksheets.com ini sangat- sangat membantu saya dalam menciptakan lembar kerja interaktif.  Bahagia tak terkira ketika mendapat sambutan yang sangat positif dari para siswa maupun orang tua.  Menurut mereka, dengan mengerjakan soal latihan atau ulangan di liveworksheets.com ini, para siswa tidak merasa bosan.  Mereka merasa sedang belajar sambil bermain.  Dan yang pasti mereka selalu antusias mengerjakan soal-soal di lembar kerja interaktif ini.  Pendapat ini seiring dengan beberapa studi bahwa LKPD yang diunggah di www.liveworksheets.com memberikan dampak positif terhadap hasil bealjar siswa.  Hal ini dapat saya lihat dari hasil belajar siswa saya yang meningkat secara signifikan setelah saya menggunakan platform ini untuk mengunggah LKPD untuk latihan maupun ulangan. 

Kesimpulannya, platform www.liveworksheets.com merupakan solusi yang sangat baik bagi kami para guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa.  Fitur- fitur yang terdapat di dalamnya, model latihan yang disediakan, umpan balik langsung, dan pengaksesan yang sangat mudah dilakukan menjadikannya solusi efektif untuk pembelajaran yang menyenangkan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline