Lihat ke Halaman Asli

'Mind Mapping': Seni Mencatat Tingkat Tinggi

Diperbarui: 12 Maret 2017   22:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamu’alaikum ...

Selamat malam ayah bunda dan para calon orang tua ... Semoga tetap dalam lindungan kasih sayang Allah SWT. Amiiin ...

Kali ini kita akan mengupas, membahas, membokar, dan lain-lain mengenai mind mapping. Mind Mapping?! Pertanyaan besar tercipta ditandai dengan munculnya tanda tanya besar diatas kepala anda semua. Ahahaha.

Mari kita mulai dari kata Mind yang artinya pikiran sedangkan mapping adalah pemetaan. Jadi kesimpulannya, mind mapping adalah pemetaan pikiran. Heh?! Nggak segampang itu mengartikannya, bener sih arti dari mind mappingmemang pemetaan pikiran, tapi itu secara etimologi atau lughoh (baca: bahasa).

Yuk, kita kepoin mind mappingitu apa ... Mind mappingpertama kali dicetuskan oleh Tony Buzanpada tahun 1974. Opa Tony adalah seorang ahli pengembangan potensi manusia asal Inggris (kata om wikipedia). Mind mapping ini muncul selepas Opa Tony melakukan pengamatan pada perkembangan teknologi komputer pada tahun 1971 (kata om wikipedia lagi).

Menurut Opa Tony, Mind mapping is a powerful graphic technique which provides a universal key to unlock the potential of the brain. It harnesses the full range of cortical skills – word, image, number, logic, rhythm, colour, and spatial awareness – in a single, uniquely powerful manner(http://www.tonybuzan.com). Maksudnya, Mind mapping adalah sebuah tehnik grafis yang kuat dimana tehnik tersebut menyediakan sebuah kunci umum untuk membuka potensi atau kemampuan otak. Itu semua memanfaatkan seluruh keterampilan kortikal seperti kata, gambar, angka, logika, ritme atau irama, warna, dan kesadaran spasial.

mindmap-58c55cd8517a61ce671b7804.jpg

Kenyataannya, mind mapping merupakan seni belajar model lama namun baru kita (orang indonesia) ketahui sekitar satu setengah dekade lalu (sekitar awal tahun 2000-an). Mind mapping merupakan seni belajar yang menggabungkan antara belajar dan bermain. Why?? Dengan komponen gambar dan warna, maka belajar dengan cara ini sangat menyenangkan seperti halnya bermain.

Tahukah ayah bunda jika otak memanggil gambar lebih cepat dan baik daripada kata?! Dan warna memiliki kekuatan mengaktifkan otak kanan dan meningkatkan daya ingat hingga 50%?!

Jangan lupakan komponen gambaran besar dan kata kunci juga yaa ...  Gambaran besar merupakan catatan seluruh otak yang dituangkan dalam poin-poin (kata kunci yang dapat diartikan sebagai jalan pintas kata-kata tertentu agar cepat sampai di otak anak) dan semua itu saling berhubungan satu sama lain diatas selembar kertas. Bukanlah lebih menyenangkan jika hanya belajar dengan selembar kertas dibanding buku dengan 20 halaman?!

Eits ... Setelah membahas gambar, warna, gambaran besar, dan kata kunci, jangan lupakan asosiasi. Asosiasi merupakan garis, panah, maupun boks yang menghubungkan informasi satu dengan informasi lainnya.

Sebenarnya, mind mapping adalah tehnik mencatat tingkat tinggi. Mengapa? Karena mind mapping memadukan fungsi kerja kedua jenis otak, yakni otak kanan (gambar dan warna) dan otak kiri (teks). Ketika kedua fungsi otak ini bekerja secara bersamaan, maka akan terjadi keseimbangan kerja pada keduanya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline