Lihat ke Halaman Asli

berlinberliawanputra

yuk belajar bersama

Peluang Bisnis di Era Pandemi

Diperbarui: 21 Mei 2021   18:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Oleh : I Nyoman Berlin Berliawan Putra dan Ni Nyoman Ayu Suryandari

Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia tentu saja menyisakan banyak persoalan masalah ekonomi di setiap negara, banyak dampak yang dirasakan oleh para pelaku usaha banyak UMKM yang sudah gulung tikar. Kemudian banyak pekerja yang di PHK oleh perusahaan guna menekan pengeluaran anggaran dimana hal itu harus dilakukan karena omset penjualan yang terus menurun semenjak adanya pandemi.

Dengan di PHK nya sebagian pekerja membuat mereka harus memutar otak untuk terus melihat peluang dibalik pandemi ini. Banyak jenis usaha yang mungkin bisa menjadi solusi bagi masyarakat ditengah kesulitan ekonomi ini, antara lain :

         1 Bisnis kebutuhan pokok,

Di masa pandemi masyarakat mungkin memikirkan untuk menghemat pengeluaran, namun bahan pokok menjadi salah satu kebutuhan yang harus ada nah ini menjadi peluang bisnis yang menjanjikan dengan modal yang relatif kecil kita sudah bisa berjualan. Pebisnis bisa menjalankan strategi peningkatan omzet dengan berinovasi memanfaatkan online shop dan online delivery. 

Contoh bahan pokok yang bisa dijual antara lain beras, gula pasir, garam, minyak goreng, perlengkapan kebersihan sehari-hari seperti sabun, sampo, dan sebagainya. Sedangkan beberapa contoh persediaan makanan yang bisa dijual antara lain frozen food, lauk-pauk homemade yang dikemas botolan, kue kering dan lain-lain.

        2. Bisnis kebutuhan pokok

Di masa pandemi masyarakat mungkin memikirkan untuk menghemat pengeluaran, namun bahan pokok menjadi salah satu kebutuhan yang harus ada nah ini menjadi peluang bisnis yang menjanjikan dengan modal yang relatif kecil kita sudah bisa berjualan. Pebisnis bisa menjalankan strategi peningkatan omzet dengan berinovasi memanfaatkan online shop dan online delivery. Contoh bahan pokok yang bisa dijual antara lain beras, gula pasir, garam, minyak goreng, perlengkapan kebersihan sehari-hari seperti sabun, sampo, dan sebagainya. Sedangkan beberapa contoh persediaan makanan yang bisa dijual antara lain frozen food, lauk-pauk homemade yang dikemas botolan, kue kering dan lain-lain.2

      3. Menjual pulsa

Pandemi ini membuat banyak pihak yang harus bekerja atau belajar dari rumah dengan sistem daring, tentu ini menjadi kesempatan untuk memulai bisnis berjualan pulsa, mengingat permintaan pulsa yang cendrung bertambah membuat bisnis ini memiliki prospek bagus di masa pandemi.

     4. Menjual produk kesehatan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline