Lihat ke Halaman Asli

Berliana SekarMaulina

Universitas Pertamina

Ini Dia 10 Warna Selain Putih untuk Ruang Sempit Terlihat Lebih Luas!

Diperbarui: 23 Januari 2024   22:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Home. Sumber ilustrasi: Unsplash

Banyak orang yang ingin memiliki rumah besar namun terhambat oleh terbatasnya ekonomi. Indonesia merupakan negara dengan pendapatan rendah sehingga banyak orang yang tidak memiliki banyak budget untuk membuat ruang dan rumah yang besar.

Masyarakat mengandalkan hal tersebut dengan memainkan warna cat dinding dan dekorasi ruangan. Pemilihan warna cat merupakan hal yang tricky sehingga perlu contoh yang sesuai sebagai acuan. Maka artikel ini akan mnegarahkan Anda untuk memilih warna cat dinding yang tepat untuk ruang yang terbatas.

Pentingnya Anda mempertimbangkan warna cat dinding untuk ruangan sempit yang ada di rumah. Rumah adalah tempat Anda beraktivitas setiap harinya sehingga perlunya ondimen yang membuat mata termanjakan dengan penampilannya. Membuat atmosfer yang unik akan membuat Anda betah menghabiskan waktu di ruangan tersebut.

Ruangan sempit biasanya tidak memuat banyak furnitur dan barang untuk dekorasi sehingga memerlukan ilusi yang cermat. Ilusi dalam ruangan yang sempit terdapat pada warna cat dinding yang dipilih. Pemilihan warna ini sangat berpengaruh pada penglihatan mata saat melihat dan berada di dalam ruangan tersebut.

Walaupun ruangan kecil, namun akan terkesan luas jika warna yang dipilih tepat. Banyak sekali warna cat dinding yang cocok untuk ruangan sempit. Namun 6 pilihan warna ini lebih banyak disukai dan dipilih oleh para arsitektur.

Dilansir dari The Spruce, Rabu (6/1/2021), berikut ini merupakan 6 pilihan warna cat untuk dinding ruangan dengan luas yang terbatas yang akan Anda sukai dan cocok untuk Anda terapkan di ruangan!

  • 1. Abu-Abu

Warna abu-abu menjadi banyak pilihan semua orang karena dinilai sebagai warna yang sangat tepat untuk ruangan yang sempit. Warna abu-abu ini banyak menjadi andalan sebagai pilihan warna cat dinding untuk seluruh bagian ruang di rumah atau gedung.

Warna cat dinding abu-abu ini membuat ruangan sempit memberikan kesan luas dan lebar. Dekorasi ruangan tidak perlu dipindah dan berganti tema karena warna abu-abu menonjolkan tampilan yang modern.

Abu-abu bisa membuat ruang yang terbatas terlihat lebih bersih dan sederhana. Kesan klasik yang ditonjolkan oleh warna cat dinding abu-abu justru membuat ruangan terlihat modern.

  • 2. Biru Tua

Warna biru tua adalah warna gelap yang membuat ruang sempit justru terlihat lebih luas dibandingkan warna gelap lainnya. Banyak mitos mengatakan warna gelap tidak cocok dengan ruangan kecil. Namun, warna biru tua ini adalah warna yang tepat. Justru warna biru tua dapat menciptakan kesan yang mewah dengan memadukannya dengan dekorasi warna abu-abu.

Warna cat dinding biru tua dapat memantulkan cahaya sehingga akan memberikan kesan dalam seperti di bawah laut namun kesan tersebut berada di sebuah ruangan yang kenyataannya tidak luas. Efek yang berikan oleh warna biru tua juga sangat menarik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline