Lihat ke Halaman Asli

Berliana Dwi Indah Permatasari

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (20107030134)

Kulit Wajah Berminyak? Berikut Kesalahan dan Tips Merawat Kulit Wajah Berminyak

Diperbarui: 26 Juni 2021   15:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Life hack. Sumber ilustrasi: PEXELS/SeaReeds

Kulit berminyak merupakan kondisi ketika kelenjar sebasea pada kulit menghasilkan terlalu banyak sebum. Sebum adalah minyak alami yang berfungsi melapisi kulit dan rambut. Produksi sebum berlebih membuat kulit terlihat mengkilap dan berkilau. Sebum sebenarnya membantu merawat kulit tetap lembap. Akan tetapi, minyak yang terlalu banyak justru dapat memicu masalah baru, terutama jerawat. Ini disebabkan karena kotoran lebih mudah menempel pada kulit hingga akhirnya menyumbat pori. 

Banyak usaha dilakukan orang untuk mengatasi masalah kulit wajah yang berminyak. Tapi, tau nggak sih ada tiga kesalahan yang umum dilakukan dalam merawat kulit berminyak. Minyak yang muncul pada kulit wajah sebenarnya normal dan berfungsi untuk menjaga agar kulit wajah tidak kering dan keriput. Tapi, yang jadi masalah ketika produksi minyak ini berlebihan kulit jadi tampak mengkilat dan berminyak. Nah, kalau udah kayak gini kulit jadi lebih mudah berjerawat.

Bagi yang memiliki kulit berminyak mungkin nggak pede ya dengan kondisi ini dan berbagai cara dilakukan untuk mengurangi minyak di wajah. Sayangnya, ada beberapa perawatan yang dianggap bisa mengatasi kulit berminyak tapi nyatanya justru bikin kulit tambah berminyak bahkan jadi rusak. Nah, berikut ini tiga kesalahan yang umum terjadi dalam merawat kulit berminyak.

Yang pertama, terlalu sering mencuci wajah.

Mungkin banyak nih yang ngelakuin ini karena menganggap bahwa mencuci wajah bisa mengurangi minyak. Padahal, mencuci muka terlalu sering bisa membuat permukaan kulit jadi kering. Sehingga kulit akan memproduksi lebih banyak lagi minyak di wajah. Akhirnya malah jadi tambah berminyak deh. Sebenarnya, anda cukup mencuci wajah 2 kali sehari pada pagi dan malam hari dengan air dingin.

Gunakan pembersih wajah dengan kandungan anti bakteri yang lembut dan bebas alkali, misalnya yang mengandung montaline C40 dengan pH 5.5. Anda juga bisa memilih pembersih wajah dengan kandungan panthenol atau vitamin B5. Karena dapat mengurangi produksi minyak, sehingga bisa membantu mengatasi masalah kulit berjerawat. Pembersih wajah dengan kedua kandungan tersebut dapat melembabkan kulit dengan baik, menjaga elastisitas kulit, serta membantu regenerasi sel sel kulit, sehingga kulit jadi lembut.

Yang kedua menggosok wajah dengan scrub terlalu keras.

Menggosok terlalu keras hanya akan membuat kulit jadi iritasi. Jadi, gosok dengan lembut aja. Supaya scrub bisa membersihkan sampai ke dalam pori pori sekaligus mengangkat sel kulit mati. Dan ingat, jangan lakukan scrub wajah terlalu sering cukup 1 -- 2 kali seminggu.

Yang ketiga, nggak mau pakai pelembab karena takut kulit tambah berminyak.

Ini salah besar yah, karena kulit berminyak juga butuh dijaga kelembabannya. Nah, supaya kulit anda tidak semakin berminyak, anda bisa pilih krim wajah yang bersifat mattifying, karena bisa mengurangi produksi minyak. Juga pilih krim yang mengandung vitamin, aloe vera, dan asam hialuronat atau hyaluronic acid. Dengan kandungan kandungan tersebut, kulit anda bisa tetap ternutrisi dengan baik.

Nah, sudah tau kan kesalahan apa aja yang sering dilakukan saat merawat kulit berminyak? Yuk mulai sekarang, Coba ubah kebiasaan tersebut ya. Kalau memang perlu anda bisa berkonsultasi ke dokter spesialis kulit untuk mendapatkan rekomendasi perawatan yang sesuai dengan kondisi kulit anda.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline