Lihat ke Halaman Asli

Berdayakan yang Ada

Diperbarui: 26 Juni 2015   07:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Di desa nan masih pelosok saat kkn (kono kene nongkrong/ ke sana sini main) ...

Bingung lihat degan yg masih segar itu menggoda untuk di santap. Tapi tak ada sendok. Belum ada ceritanya orang ngrokoti bathok . Air kelapa  sudah tandas, tinggal daging yg tersisa. Kadek, teman dari Bali membaca kerakusanku: hasrat melumat degan gratisan. Hadiah dari penduduk. Tangannya beraksi. Meraih golok, memangkas sepotong kulit kelapa bak ahli  bedah memotong pantat orang untuk nambal organ lain. Dirapikan, jadilah segitiga yg bisa di pakai mengerok degan. Tks Kadek, sabut kelapa  dalam hitungan detik jadi sendok yg eksotis. Orang Bali emang darah seni tulen. Gak salah kalo saya ngefans ama musiknya Balawan yg orang Bali, hehhehehe.

Lalu saatnya program kerja. Membenahi rumah yg masih sederhana. Nyonya rumah menampi kacang tanah. Wew, mau di goreng? Bukannya kami datang untuk sekedar membantu sedikit rumahnya? Kok malah disuguhi kacang goreng yg minyaknya mahal. Ibu itu lalu menggoreng kacang. Tidak pake minyak, tapi pake... pasir. Ups, kreatip yaa. Kacang pun matang dengan rasa gurih tanpa keluar uang seperakpun. Tak ada  juga setetes minyak  yg belepotan di mulut.

Kreatip dan tekun adalah jalan keluar saat sarana begitu terbatas. Saya sedih meliha anak muda mati konyol bunuh diri gara2 pengin hp/ motor. Dua benda itu saat ini sudah jadi barang wajib buat remaja. Iya kalo ortunya berduit, tinggal minta langsung di kasih. Bagai inden di toko aja. Tinggal pesan, gak berapa lama barang tiba di pangkuan. Kalo ortu terbatas dananya piye? Mo di paksa juga gak bakalan keluar duit. Bisa2 ortu nyesel lahirin anak yg suka maksa.

Berita bunuh diri di media yg selalu di ekspos malah  mengilhami remaja untuk meniru. Emang kalo bunuh diri masalah selesai? Bukan selesai, tapi justru  melahirkan banyak masalah baru. Keluarga malu di datangi banyak orang (bukan mau nolong tapi mau  dengerin berita2 syerem) , wartawan serta polisi. Lalu jadi berita di media massa dan lingkungan sekitar. Bikin happy pemirsa  tapi bikin derita bagi keluarga. Belum lagi biaya untuk otopsi di rumah sakit serta sewa ambulans. Kisah kematiannya pun akan dikenang orang turun temurun.

Taukah kalian para remaja bahwa punya barang dgn cara maksa ortu justru akan jadi siksaan di belakang hari. Teman saya pernah ngalami. Tiap hari tak bosan2 merengek minta motor. Sampe ortunya bosen dan ia dikasih uang cash sekantong. Untungnya ortunya cukup berada. Ortunya takut dia nanti malas belajar kalo sudah war-wer pake motor.  Saking keselnya di recokin, si anak  disuruh berangkat  dan milih sendiri ke dealer. Setelah motor di tangan, tak henti2 ia mengingat "dosanya". Ia merasa dilulu (di istidroj) . Moga aja sekarang dia dah kerja & bisa membahagiakan ortunya.

Sayapun ngalami hal yg sama. Ngidam berat pengin onthel. Bapak mendelik, membentak saya, " Emang anakku  cuma kamu??!!!"  Yak, bapak emang bukan orang yg mudah iba ama anaknya. Laki perempuan kalo bandel ya di hajar, hehehhehe . Maksudnya baek, biar gak cengeng ( I luv u dad...). Sayapun ngeper.

Ngidam  onthel  sirna saat  lihat orang kecelakaan di kota. Motor senggolan, jatuh berputar2 di tengah kepadatan lalu lintas, tanpa satupun penolong. Kanan jalan tembok panjang yg mengelilingi kampus besar. Kiri jalan hotel berbintang dan kuburan. Tak ada orang2  berhati mulia yg biasa jadi dewa penyelamat  jalanan hinggap di situ.  Area elit yg steril dari pedagang kakilima, petugas parkir  tak resmi, atau abang becak . Penggguna jalan pun banyakan orang2 penting. Pejabat, mahasiswa, dosen, bos2 , karyawan dengan motor dan mobil masing2. Jangan lupa vip raja jalanan: angkot yg suka kebut2an.

Si pemuda itu menggelepar di aspal sementara motornya berputar2 dgn gas pol. Yg pada lewat hanya menghindar, melihat sesaat , terus berlalu  saja. Saya termangu di dalam angkot , kebayang bila itu menimpa diri yg lemah ini. Lagi sengsara, di cuekin orang di tengah keramaian. Boro2 menolong dan hubungi polisi. Hidup ato matinya pun orang tak peduli.  Wihhhh... ngenesnya. Pupus sudah hasrat punya motor.

Setelah usia bertambah, tanpa diminta pun kakak menawari onthel. Syaratnya harus mau makan. Ups, berat bener syaratnya. Saya pecinta kopi. Minum kopi bikin perut seolah kenyang. Tanpa banyak makan pun energi sudah cukup  untuk bergerak. Makan seperlunya saja. Sampe2 perut perih kalo lihat jeruk di iris. Berdesir seakan pisaunya mengiris perut saya. Tawaran pun di tolak. Selain syaratnya berat, saya  enggan merepotkan kakak.

Setelah kerja barulah bisa kredit onthel sendiri. Urusan selesai? Belum. Masih harus keluar duit buat sim, ngisi bensin tiap hari, ganti oli, bayar pajak, servis rutin, ganti spare part, jaga2 uang bila kena tilang. Yahhh.. berkurang dah budjet buat jalan2 dan beli baju.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline