Lihat ke Halaman Asli

7 Manfaat Pisang yang Baik untuk Kesehatan

Diperbarui: 18 Mei 2016   13:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pixabay.com

Pisang merupakan buah yang tak asing lagi bagi manusia. Banyak dijadikan buah pisang sebagai makan pencuci mulut dan olahan kue atau bolu. 

Selain menawarkan rasa yang manis dan aroma yang harum. Buah pisang juga menawarkan banyak sekali nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan. Bagi rakyat  Indonesia buah pisang sendiri sudah menjadi buah yang wajib dihidangkan pada saat acara-acara pesta, kenduri maupun wirid.

Namun, tahukah kamu apa saja manfaat buah pisang? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

  1. Menegkonsumsi buah pisang tidak akan membuat berat badan kamu bertambah. Karena buah yang berwarna kuning ini hanya mengandung sekitar 110 kalori saja untuk setiap buahnya.
  2. Pisang menurut penelitian adalah biah yang bebas lemak dan sangat rendah kolesterol. Dengan begitu bagi kamu yang sering menjadikan pisang sebagai olahan makanan, maka buah ini sangat cocok dijadikan pengganti mentega untuk membuat kue.
  3. Selain daripada itu jenis pisang ini juga mengandung kalium yang tinggi. Hal ini dperkuat dengan hasil penelitian yang dilakukan Colarado State University, Amerika. Bahwa buah pisang mengandung kalium dan potasium. Yang bermanfaat untuk saraf dan fungsi otot.
  4. Kemudian pisang juga mengandung vitamin C. Setiap satu buah pisang mengandung sekitar 10 mg vitamin C. 
  5. Selain itu buah pisang merupakan sumber vitamin B6. Gunanya vitamin ini adalah untuk memproduksi sel-sel yang baru.
  6. Pisang juga sebagai sumber karbohidrat. Artinya buah pisang merupakan sumbr energi selain nasi atau singkong.
  7. Karena dagingnya yang halus/empuk, buah pisang mudah dicerna. Ketika Anda sakit dengan virus atau gangguan pencernaan, pisang dapat menjadi cara menarik untuk memasukkan beberapa nutrisi penting tanpa mengganggu perut Anda. Buah ini juga sering digunakan oleh seorang ibu untuk mengenalkan makanan padat pada bayi



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline