Lihat ke Halaman Asli

Pelatihan Pembuatan Kerupuk Daun Bambu dan Selai Jagung Khas Bajeman

Diperbarui: 4 Agustus 2018   11:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Kabar Desa - 3 Agustus 2018, pukul 13.00. Setiap mahasiswa yang menempuh matakuliah KKN harus memiliki program unggulan yang harus dilaksanakan, yang dimana program tersebut program kerja unggulan pertama yang harus lancar dan sukses dalam menjalalankannya. 

Program unggulan dari Kelompok KKN Tematik 82 Universitas Trunojoyo Madura adalah pelatihan pembuatan krupuk daun bambu dan selai jagung, dari program unggulan tersebut terciptalah program baru yaitu krupuk jagung.

Bagian dari daun bambu dan jagung yang dapat dibuat menjadi krupuk adalah sarinya, yang dimana sari daun bambu tersebut dapat menghasilkan warna hijau pada krupuk dan rasa khas dari daun bambu. Dan dari sari jagung sendiri juga dapat memberikan warna alami yaitu warna kuning pada krupuk dan rasa jagung yang melekat. 

mg-7435-5b652c51d1962e6ae70ec7a4.jpg

Krupuk jagung sendiri bahan utamanya adalah ampas jagung dari pembuatan selai jagung. Dan keduanya memiliki kasiat yang bermanfaat bagi tubuh. Alasan Kelompok KKN Tematik 82 memilih program kerja tersebut adalah karena di Desa Bajeman sendiri banyak petani yang menanam jagung dan banyak pohon bambu disetiap kebun maupun dipinggir jalan. 

Jagung sendiri jika dijual mentahan nilai jualnya sangat rendah dan daun bambu di Desa Bajeman sangat banyak yang dimana masyarakat Desa Bajeman sendiri tidak mengetahui manfaat dari daun bambu itu sendiri, sehingga dengan adanya inovasi dari mahasiswa KKN 82 diharapkan dapat mampu menambah nilai ekonomis dari potensi desa yang dihasilkan dari Desa Bajeman tersebut. Dengan demikian diharapkan dapat menambah penghasilan masyarakat di Desa Bajeman.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline