Lihat ke Halaman Asli

Mengulas Tuntas Mengenai Panas Dalam

Diperbarui: 17 Juni 2015   20:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1413489331294235573

[caption id="attachment_329477" align="aligncenter" width="300" caption="Sumber : Google Images"][/caption]

Panas dalam adalah suatu keadaan dimana tubuhmanusiamengalamipanasyang berlebihan terutama disistem pencernaan. Panas dalam bisa disebabkan oleh tidak seimbangnya makanan yang bersifat panas dan dingin.

Sebenarnya dalam dunia medis tidak dikenal istilah panas dalam, sehingga panas dalam itu nyatanya tidak ada. Hanya saja, banyak orang telanjur menganggap gejala yang timbul sebagai tanda "panas dalam". Karena ketika suhu tubuh penderita diukur, suhu tubuhnya normal. Hanya saja karena kebiasaan masyarakat menyebut panas dalam maka lahirlah istilah tersebut.

Panas dalam tidaklah sama dengan demam, mungkin banyak orang atau bahkan praktisi kesehatan berpendapat bahwa panas dalam dan demam adalah sama, tapi menurut saya berbeda, bahkan yang dirasakan dan penyebabnya antara keduanya adalah berbeda.

Gejala pada suatu penyakit adalah akibat yang dirasakan ketika mengalami penyakit tersebut, gejala adalah akibat dari penyebab atau manifestasi dari penyebab.

Gejala yang dirasa ketika panas dalam pada masing-masing orang adalah berbeda-beda. Berikut adalah gejala yang sering terjadi ketika orang mengalami panas dalam :


  • Buang air besar berdarah
  • Gusi berdarah
  • Mimisan atau keluar darah dari hidung secara tiba-tiba.
  • Sariawan

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline