Lihat ke Halaman Asli

Jurnalis SAHABAT

Independen dan bersahabat

Sejarah, PWI Jabar Serentak Melantik 4 PWI Cabang

Diperbarui: 27 Juni 2024   17:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto dok : musa sanz 

Bandung - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat menggelar Pelantikan Pengurus Baru PWI kabupaten/kota secara serentak.Pelantikan pengurus baru PWI kabupaten/kota secara serentak kali pertama itu digelar di Sekretariat PWI Jabar Jalan Wartawan II No. 23 Kelurahan Turangga, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Rabu (26/6/2024).

Pengurus baru yang dilantik adalah PWI Kabupaten Kuningan periode 2023-2026, PWI Kabupaten Bandung Barat 2023-2026, PWI Bekasi Raya 2024-2027, dan PWI Kota Depok 2024-2027.

Keempat PWI cabang dimaksud dipimpin masing-masing Ketua PWI Kabupaten Kuningan Nunung Khazanah, Ketua PWI Kabupaten Bandung Barat Hendra Hidayat, Ketua PWI Bekasi Raya Ade Muksin, dan Ketua PWI Kota Depok Rusdy Nurdiansyah.

Pelantikan ditandai pembacaan Surat Kepetusan (SK) PWI Pusat tentang susunan kepengurusan, pengucapan sumpah, dan penyerahan pataka yang dipimpin langsung Ketua PWI Jabar, Hilman Hidayat.

Menurut Hilman Hidayat, langkah pelantikan secara serentak di Sekretariat PWI Jabar merupakan yang pertama kalinya dalam sejarah dan menjadi salah satu solusi yang efektif dan menghemat biaya.

Hilman dalam sambutanya juga mengingatkan segenap kepengurusan yang baru dilantik agar menjalankan roda organisasi sesaui Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PD dan PRT) PWI.

"Tugas dan tanggung jawab utama pengurus, memastikan seluruh anggota PWI masing-masing menjalankan profesinya dengan berpedoman pada Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan Kode Perilaku Wartawan PWI," ujarnya.

Sementara Ketua PWI Kota Depok Rusdy Nurdiansyah menyampaikan komitmennya akan membawa PWI berperan aktif menyokong pembangunan daerah demi peningkatan kesejahteraan rakyat.

"Program terdekat, PWI Kota Depok bekerja sama erat dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setempat guna penyuksesan Pilkada Serentak 2024," ujar Rusdy dalam pidatonya.

Kerja sama unsur kepemiluan daerah dengan PWI dimaksud jelas Rusdy, sesuai dengan amanat Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian kepada seluruh kepala daerah, terkait Pilkada Serentak 2024. Dan kebijakan Mendagri tersebut merupakan pengakuan atas eksistensi PWI dan pentingnya peranan insan media dalam penyuksesan agenda nasional pemerintah.

Kerja sama unsur kepemiluan daerah dengan PWI dimaksud, ungkap Rusdy, sesuai dengan amanat Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian kepada seluruh kepala daerah, terkait Pilkada Serentak 2024.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline