Lihat ke Halaman Asli

Berita Jakarta

Media Pemerintahan

Lurah dan Camat Diminta untuk Belajar dari Soerjadi Soedirdja dan Sutiyoso

Diperbarui: 24 Juli 2015   20:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta lurah dan camat di lingkungan Pemerintah Kotamadya (Pemkot) Administrasi Jakarta Selatan belajar dari dua mantan Gubernur DKI Jakarta yakni Soerjadi Soedirdja dan Sutiyoso.

“Kita ada sekarang ini, karena ada pendahulu kita. Untuk itu, kita harus belajar dari kedua tokoh yang pernah memimpin Ibu Kota yaitu Pak Soerjadi Soedirdja dan Sutiyoso,” kata Djarot, pada acara rapat koordinasi penataan kota dan urbanisasi, di kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Jumat (24/7).

Ia mengatakan, ada hal yang baik untuk dapat dipelajari dari mantan Gubernur DKI Jakarta, Soerjadi Soedirdja yakni pelaksanaan kegiatan Silaturahmi Minggu Pagi (SMP). Di dalam kegiatan SMP, lurah dan camat bahkan Walikota dapat bertemu dengan warga serta tokoh masyarakat untuk bersilaturahmi.

“Dari Pak Soerjadi, kita bisa pelajari SMP. Setiap minggu pagi, lurah, camat dan walikota turun untuk bertemu bersama warga dan tokoh masyarakat. Tidak sekadar kerja bakti, tapi langsung silaturahmi dan musyawarah,” ujarnya.

Menurut Djarot, kegiatan SMP bertujuan merangkul dan mendengar berbagai aspirasi serta keluh kesah sehingga Pemkot Jakarta Selatan dapat lebih fokus melayani karena mengetahui isi hati warga.

“Rangkul semua. Kita sudah sepakati. Jakarta itu milik semua. Jakarta itu sudah terlampau banyak beban. Karena itu, jangan bikin beban lagi bagi warganya,” imbau mantan anggota DPR RI ini.

Begitu pula saat bertemu dengan Sutiyoso, Djarot mengaku mendapat nasihat yang sangat baik. Sutiyoso meminta pemimpin DKI Jakarta harus buas, karena Ibu Kota dihuni oleh banyak orang buas. "Artinya, banyak warga Jakarta yang nekat dan melanggar aturan. Mereka punya nyali untuk melakukan itu. Dan kita harus punya nyali lebih besar dan kuat untuk melawan mereka,” tuturnya.

Mantan Walikota Blitar ini mengaku sudah gregetan atas kondisi Jakarta saat ini yang tidak tertata rapi. Untuk itu, Djarot menginstruksikan Walikota Jakarta Selatan, Syamsuddin Noor untuk mengerahkan seluruh jajaran untuk mengubah wajah kota.

“Kalau ada kepala dinas yang menghambat kasudin bekerja, tolong laporkan langsung ke saya. Saya sudah gregetan. Saya bisa ikut-ikutan buas nanti. Jadi tidak ada alasan nggak ada anggaran. Duit kita ada,” tegasnya.

 

Sumber: beritajakarta.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline