Lihat ke Halaman Asli

Berita Jakarta

Media Pemerintahan

Siswa DKI Menargetkan Nilai UN Masuk Tiga Besar Nasional

Diperbarui: 17 Juni 2015   08:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

beritajakarta.com

[caption id="" align="aligncenter" width="448" caption="beritajakarta.com"][/caption]

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) akan digelar pada 13 April mendatang untuk tingkat SMA sederajat. Ditargetkan tahun ini, prestasi UN di ibu kota bisa masuk peringkat tiga besar se-Indonesia. Target tersebut untuk tiga jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, hingga SMA. Berbagai persiapan pun telah dilakukan, mulai dari kesiapan siswa, tenaga pengajar, distribusi soal hingga kerahasiaan soal.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Arie Budhiman, menjelaskan, pada tahun lalu untuk tingkat SMP, DKI hanya berada di peringkat keempat. Sementara SMA dan SD peringkat kelima. Prestasi tersebut masih kalah dengan Sumatera Utara, Bali dan Jawa Timur dalam UN.

"Kami targetnya bisa masuk peringkat tiga besar untuk UN tahun ini," ujar Arie, di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (9/4).

Menurut Arie, Jakarta sebagai ibu kota Indonesia, seharusnya sudah bisa bersaing antar negara di tingkat regional Asia Tenggara, bukan lagi antar provinsi. Selama ini yang ditunjukkan hanya satu siswa yang memperoleh nilai tertinggi. Tapi untuk masalah prestasi rata-rata belum bisa masuk tiga besar.

"Bukan lagi ngomong antar provinsi seharusnya bersaing antar ibu kota negara, minimal di regional Asia Tenggara, antara Singapura dan Kuala Lumpur. Saya heran justru Jakarta tidak pernah masuk di tiga besar secara nasional," tutur mantan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan itu.

Dia pun berharap agar pelaksanaan UN kali ini bisa berjalan dengan baik. Siswa yang menjalani UN diminta untuk sportif dalam mengerjakan soal ujian. Siswa juga diharapkan tidak mudah percaya dengan adanya bocoran soal atau kunci jawaban.

"Karena kan untuk distribusi naskah UN dijaga ketat oleh pihak kepolisian," tukasnya.

Pelaksaan Ujian Nasional untuk tingkat SMA dilakukan pada tanggal 13 -15 April 2015 dengan jumlah peserta 51.294 siswa dari 461 sekolah, dan untuk tingkat SMK sebanyak 64.314 siswa dari 596 sekolah. Sedangkan untuk Paket C dilakukan pada tanggal 13-16 April 2015. Disamping itu untuk jenjang SMP, Ujian Nasional dilakukan pada tanggal 4 - 7 Mei 2015 dengan jumlah peserta 123.963 peserta dari 1084 sekolah. Kemudian untuk Paket B, ujian dilakukan pada tanggal 4-6 Mei 2015.

Sumber: Beritajakarta.com




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline