Lihat ke Halaman Asli

Tips Mendapat Ide Membangun UKM

Diperbarui: 10 Maret 2016   01:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Ada banyak tips tentang bagaimana memunculkan ide usaha bagi UKM di internet. Tapi hanya sedikit yang memiliki cara yang sederhana. Berikut ini adalah tips sedrhana ala Paul Graham, seorang investor berbagai perusahaan teknologi yang membesut berbagai perusahaan raksasa seperti Reddit, 9Gag Pebble dan AirBnb.

Dalam blog pribadinya Paul mengungkap lima cara unik mendapatkan ide bisnis:

Pertama, mencari masalah. Ya, masalah dalam hidup kita sebenarnya sumber ide yang hebat. Sebaiknya Anda bertanya pada orang lain apa saja masalah dia. Caroilah kesamaan pada masalah yang dihadapi orang itu dan buatlah skema jalan keluarnya. Nah, jalan keluar itulah ide-nya.

Google lahir karena semua orang sangat membutuhkan mesin pencari yang hebat yang kala itu belum ada. Kalaupun ada sebagian masih sangat payah. Jangan salah, Google adalah perusahaan yang dimulai di garasi mobil di rumah salahsatu pendirinya yakni Sergey Brin dan Larry Page. Berangkat dari UKM, kini Google adalah perusahaan raksasa dunia.

Kedua, bayangkan kehidupan masa depan, selain dibutuhkan orang pada saat itu Sergei Brin dam Larry Page dengan tepat bisa menduga bahwa mesin pencari adalah salahsatu kebutuhan yang akan melanda setiap orang ketika internet sudah merajai dunia. Benar saja, kini mereka adalah anak-anak muda terkaya didunia karena idenya yang sederhana.

Ketiga, jangan pernah memikirkan pesaing. Memikirkan pesaing hanya akan membuat seorang pemula putus asa dan tidak pernah memulai usahanya. “ Yang harus dipikirkan pemula hanyalah bagaimana cara memecahkan suatu masalah dan membuat produknya dicintai pengguna atau konsumennya.

Pada saat Mark Zuckerberg meluncurkan Facebook, telah ada MySpace dan Frienster yang menjadi raja social media saat itu. Tapi karena mampu menjawab kebutuhan orang banyak, Facebooklah yang kini menjadi juara. Kedua medsos pendahulunya? Sudah lama jadi almarhum. Facebbok juga berasal dari tugas kuliah dan dimulai sebagai UKM saja.

Keempat, apakah orang membutuhkan sekarang? Jika iya, maka tak perlu ragu seperti apapun kualitas produk Anda, buat dan luncurkan. Seperti Andrew Darwis ketika meluncurkan KasKus alias Kasak-Kusuk, jaringan komunitas yang kini memiliki anggota jutaan orang itu. Tampang KasKus jauh dari bagus ketika pertama kali diluncurkan tetapi karena dibutuhkan orang KasKus tetap haidup dan lalu berkembang hingga sekarang.

Kelima adalah lakukanlah sekarang. Penyakit anak muda pemula adalah terlalu banyak bermimpi sehingga akhirnya tidak melakukan apa-apa. Padahal seharusnya jika ide sudah ketemu segeralah buat produk barang atau jasa UKM yang Anda punya. Tak perlu malu meski produk itu jauh dari bagus karena sebagian besar produk diluncurkan dalam disain buruk ketik diluncurkan pertama. Menunggu produk hebat lahir dari tangan Anda, bakal sangat terlaambat. Selamat mencoba.

Baca Juga : Membangun UKM dari ‘Masalah’ Cara Paul Graham 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline