Lihat ke Halaman Asli

Memulai Usaha di Desa dari Hobi

Diperbarui: 10 Februari 2016   00:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="Memulai Usaha Di Desa dari Hobi "][/caption]

foto: bisnisukm.com

Banyak sekali jenis usaha yang dapat di jalankan di desa dan perkampungan, mulai dari modal yang besar hingga modal yang kecil, namun untuk memulai usaha desa atau bisnis di desa lakukanlah secara pelan-pelan mulai dari yang kecil mengingat usaha di desa berbeda dengan usaha di kota. Ada berbagai macam potensi di desa yang apabila anda dapat melihat dengan tepat, maka anda bisa mengambil dan mengasah potensi tersebut menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan.

Artinya jika anda tinggal di desa bukan berarti anda tidak bisa membuka usaha desa yang menguntungkan seperti di kota. Memang jika kita melihat prospek usaha di kota jauh lebih menjanjikan, namun jika kita tidak mencari peluang untuk berwirausaha di desa, kita tidak akan pernah mendapatkan apa-apa.

Anda bisa memulai dari hobi untuk membuat usaha desa jadi menyenangkan. Misalnya, apabila anda mempunyai hobi yang berhubungan dengan dengan ikan, usaha budidaya ikan sangat patut untuk dicoba. Anda harus menentukan jenis ikan apa yang anda budidaya, apakah anda ingin budidaya ikan pedaging atau ikan hias. Salah satu jenis ikan yang mudah perawatannya ialah ikan lele, ikan ini bisa bertahan hidup meski di dalam air keruh dan tidak sulit pula mencari makanannya.

Baca Juga : Contoh Usaha Potensial Di Desa

Selain beternak, usaha desa lain yang dapat dijalankan yang juga mungkin berkaitan dengan hobi Anda adalah usaha tanaman hias. Usaha yang berkaitan dengan tanaman sangat cocok apabila di jalankan di pedesaan dikarenakan tanah dan udara di desa yang masih alami. Anda dapat memulai usaha ini dengan mencari bibit tanaman hias yang mudah untuk dirawat lalu menjual kembali hasil tanaman anda.

Usaha lain bagi yang senang mode namun membutuhkan keahlian khusus adalah menjahit atau modiste. Ini tentu saja diperuntunkan bagi anda yang memiliki keahlian dalam bidang menjahit. Namun apabila anda ingin membuka usaha menjahit di desa maka anda bisa membangun kios dan mencari karyawan. Sehingga anda tinggal memantau dan mengembangkan bisnis menjahit anda.

Itulah beberapa jenis usaha desa yang potensial dikembangkan dan berangkat dari hobi sehingga Anda bisa menjalani dengan semangat dan kegembiraan.

 

 

 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline