Lihat ke Halaman Asli

Anjar Anastasia

... karena menulis adalah berbagi hidup ...

THR, Tanggungan (Setelah) Hari Raya?

Diperbarui: 1 Mei 2022   22:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Warga berbelanja berbagai kebutuhan lebaran (ANTARA FOTO/IGGOY EL FITRA via KOMPAS.com)

Dua minggu ini, keramaian sudah terlihat di toko-toko baju pinggir Jalan Trunojoyo Bandung. Awalnya dari Jl. Sultan Agung, terus melebar hingga di Jl. Trunojoyo. Kawasan Sultan Agung sudah dilarang maka mereka berjualan di sekitar Jl. Trunojoyo bawah hingga ke perlimaan, di atas.

Pakaian yang dijual berlabel anak muda. Tenda-tenda bongkar pasang itu menjajakan pakaian, dari atas hingga bawah.

Fenomena ini sudah ada jauh sebelum pandemi menimpa dan bahkan  tidak berkurang  banyak saat pandemi harus dijalani dengan semua prokesnya.

Darimana mereka datang? Dari mana-mana pasti.

Tapi, konon, kebanyakan memang yang sering memanfaatkan momen-momen semacam bazaar dan atau yang biasanya berjualan online.

Beberapa di antara mereka bahkan ada yang sengaja hendak memanfaatkan ilmu menejerial atau ekonomi yang didapat di bangku kuliah. Bisa sekalian menjadi semacam praktek kerja.

Tapi, yang seringkali membuat tanda tanya besar adalah para pembelinya. Darimana saja mereka itu, seperti makbreg berdatangan. Padahal kalau hari libur biasa, ramai juga, tetapi tida seramai dan seberagam menjelang lebaran begini.

Tentu saja, dengan mobilitas dobel begitu, jangan ditanya tentang bagaimana suasana di sana terutama kendaraan yang kebetulan melintas di sana.

Jangankan kendaraan, pejalan kaki biasa yang tidak berkepentingan untuk berbelanja pun akan merasa terganggu dengan kondisi yang mendekati hari H lebaran bisa berkali lipat padatnya. Luar biasa pokoknya.

Jelang Lebaran 2017 (dokpri)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline