Lihat ke Halaman Asli

Beny Suryadiningrat

Be Social Teknologi (BST), Bro Social Networking (BSN)

Bersatu Padu Melaksanakan EKBS, Memahami Kembali Strategi Pengentasan Kemiskinan Dalam Agenda Pembangunan Daerah

Diperbarui: 23 Oktober 2022   12:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Birokrasi. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Ketahanan, Pemulihan, Pertumbuhan, Pengembangan dan Pembangunan Hukum Kesejahteraan ENERGI Kemandirian Bengkulu Sejahtera !

Hingga hari ini, penulis disaksikan dengan gerakan membangun daerah belum sepenuhnya berhasil. Kemajuan suatu daerah dapat dilihat dari kemajuan suatu region Kabupaten/Kota. 

Apakah daerah Kabupaten/Kota sudah sejahtera atau belum adalah parameter keberhasilan pembangunan. Kesejahteraan daerah dapat tercapai melalui pembangunan infrastruktur dan pembangunan Sumber daya manusia. 

Oleh karena itu penulis mencoba untuk merangkum energi kemandirian pembangunan daerah Provinsi Bengkulu dari berbagai sumber bacaan, hasil pendapat para ahli saat kajiian silaturahmi dan analisa penulis.

Pembangunan Daerah

Pengertian pembangunan adalah suatu serangkaian usaha pertumbuhan dan perubahan yang berencana yang dilakukan secara sadar oleh suatu daerah dan pemerintahan dalam usaha pembinaan masyarakat. Pembangunan secara umum dapat diartikan sebagai usaha untuk memajukan, mensejahterakan, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Pembangunan seringkali diartikan pada pertumbuhan di bidang ekonomi atau kemajuan material. Namun pada faktanya, pembangunan di bidang ekonomi saja belum cukup untuk memajukan kualitas hidup masyarakat, karena malah menimbulkan berbagai masalah seperti kemiskinan akibat kesenjangan atau ketidakmerataan distribusi, kerusakan lingkungan hidup akibat eksploitasi Sumber Daya Alam dan lain-lain. Masyarakat diharapkan dapat mengelola sumber daya alam secara mandiri, sehingga pembangunan di bidang sosial pun dapat dilaksanakan.

Lalu bagaimana peran masyarakat dalam pembangunan? peran masyarakat khususnya pemuda sangat besar dalam pembangunan bangsa. Pemuda adalah elemen penting dalam pembangunan daerah, Dalam rekam jejaknya, pemuda seringkali dalam posisi sebagai pembaharuan sekaligus pengawal perubahan. 

Pemuda juga merupakan aset bangsa sehingga dituntut untuk aspiratif, akomodatif, responsive dan problem solving terhadap permasalahan daerah. Maka tak salah jika 'pledoi ekstrem' yang berbunyi "Kalian pertaruhkan segalanya, kesempatan untuk hidup senang, kemapanan pekerjaan, dan sekolah yang kini kian mahal. Buang segala teori sosial yang ternyata tak bisa membaca kenyataan. Keluar kalian dari training-training yang pada akhirnya tidak membuat kita paham dan mau membela orang miskin".

Strategi pembangunan Daerah

Sampai saat ini belum ada implementasi action yang berimpact tehadap pembangunan daerah yang optimal dalam upaya penghapusan kemiskinan di daerah dan pembangunan secara umum, pembangunan daerah diarahkan kepada sasaran mengubah dan memperbaiki sumber daya alam dan sumber daya manusia, sehingga dampak ini berguna dalam produksi dan melaksanakan pertumbuhan ekonomi dan perbaikan dalam tingkat produksi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline