Lihat ke Halaman Asli

PTK Math

Diperbarui: 13 Agustus 2021   12:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI SEGIEMPAT MELALUI ALAT PERAGA PUZZLE  KELAS VII A SMP ISLAM DA'WATUL HAQ BONANG KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

BENTI AMBARSARI

bentiambarsari@gmail.com

ABSTRAK

Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang belum optimal. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah melalui alat peraga puzzle dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika tentang segiempat bagi siswa kelas VII A SMP Islam Da'watul Haq Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. 

Pelaksanaan perbaikan dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Siklus 1 pertemuan ke-1 hari Senin tanggal 03 Februari 2020 dan pertemuan ke-2 hari Kamis, 06 Februari 2020. Siklus 2 pertemuan ke-1 hari Kamis tanggal 13 Februari 2020 dan pertemuan ke-2 hari Senin tanggal 17 Februari 2020. Kegiatan penelitian tersebut meliputi persiapan penelitian, koordinasi persiapan tindakan, pelaksanaan (perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi), serta penyusunan laporan dan pengiriman laporan. 

Berdasarkan hasil analisis data dapat simpulkan bahwa melalui alat peraga puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Islam Da'watul Haq  Kecamatan Bonang Kabupaten Demak pada pembelajaran matematika materi segiempat. Terlihat bahwa hasil evaluasi kelas VII A dengan jumlah siswa 31 anak, pada pra siklus hanya 11 orang (35,48%) siswa yang mencapai target KKM yaitu 65. Kemudian, setelah pelaksanaan tindakan siklus I terdapat 23 siswa (74,19%) yang telah mencapai target KKM, dan pada hasil evaluasi siklus II terdapat 30  (96,77%) siswa yang telah mencapai nilai KKM. 

Dapat disimpulkan bahwa melalui alat peraga puzzle dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi segiempat di kelas VII A SMP Islam Da'watul Haq Kecamatan Bonang Kabupaten Demak telah terbukti kebenarannya.

Kata kunci: peningkatan, matematika, alat peraga puzzle dan segiempat. 

PENDAHULUAN

Matematika sebagai mata pelajaran yang wajib diberikan kepada siswa, tentu pembelajarannya juga harus mengarah kepada tujuan pendidikan nasional. Pemikiran kritis, sistematis, logis, dan kreatif merupakan cara berpikir yang dapat dikembangkan melalui belajar matematika. Hal ini disebabkan karena Matematika memiliki struktur dan keterkaitan yang kuat dan jelas antarkonsepnya, sehingga memungkinkan seseorang terampil berpikir rasional.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline