Lihat ke Halaman Asli

A Remarkable Marriage Story: Menunjang Kesetaraan Gender Melalui Film Ki & Ka

Diperbarui: 20 September 2023   20:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Film. Sumber ilustrasi: PEXELS/Martin Lopez

Film Ki & Ka merupakan sebuah film bergenre komedi romantis tentang kisah pernikahan 'luar biasa' yang dirilis pada tahun 2016. Ditulis, disutradarai, dan diproduksi oleh R.Balki yang merupakan salah seorang pembuat film terkenal di India. Bintang utama dalam film ini mestinya sudah tidak asing lagi di telinga kita, yakni Kareena Kapoor Khan yang berperan sebagai Kia Sahni dan Arjun Kapoor yang memerankan Kabir Bansal.

Sinopsis Film

Film ini mengisahkan hiruk-pikuk rumah tangga antara Kia dan Kabir yang dibumbui oleh stigma budaya dan gender. Kia dikisahkan sebagai seorang wanita yang bermotivasi tinggi, dan bercita-cita untuk sukses di dunia bisnis. Ia juga berharap bahwa dirinya dapat memberikan inspirasi bagi wanita-wanita lain untuk selalu berusaha dan bersemangat di bidangnya. Di sisi lain, Kabir digambarkan sebagai seorang yang tak ambisius, anak dari kontraktr bangunan yang sukses. Kabir tak ingnin mengambil alih perusahaan ayahnya ataupun mewarisi kekayaannya.

Pada suatu kesempatan, mereka berdua bertemu dan dengan cepat menjadi akrab, seiring berjalannya waktu, mereka berdua pun saling jatuh cinta. Mereka berdua saling mengerti satu sama lain, Kabir yang ingin tinggal di rumah dan Kia yang ingin mengejar jenjang karir di perusahaan tempat ia bekerja. Mereka berdua pada akhirnya menikah dan Kabir tinggal di rumah mertuanya, karena ayahnya Kabir tidak menyetujui hal tersebut.

Pernikahan mereka dinilai tak lazim, di mana Kabir menangani urusan rumah tangga (domestik) dan Kia menjadi pencari nafkah utama (publik). Karir Kia pun meningkat pesat sehingga ia diwawancarai atas kesuksesannya. Saat diwawancarai, Kia menyebutkan pernikahannya yang 'tidak biasa' dan peran suaminya dalam rumah tangga mereka. Sang pewawancara pun terkesan dengan hal ini, lalu Ia menginginkan sebuah pertemuan dengan Kabir. Tak lama setelah itu, akhirnya Kabir diwawancarai, Kabir menjelaskan bahwa tidak masalah jika Ki (kata ganti feminin dalam bahasa Hindi) berperan sebagai Ka (kata ganti maskulin dalam bahasa Hindi), dan Ka berperan sebagai Ki.

Alhasil, wawancara tersebut diterima dengan sangat baik dan Kabir diminta untuk mengadakan lebih banyak seminar dan pidato tentang kesetaraan gender dan pernikahan modern. Namun sayangnya jadwal Kabir yang menjadi semakin padat menyebabkan munculnya ketegangan dalam pernikahan, salah satunya ialah membuat Kia menjadi iri dengan ketenaran baru suaminya. Kia pun menuduh Kabir bahwa Ia telah menggunakan hubungan mereka hanya untuk mendapatkan pengakuan dan publisitas, Kia juga meminta Kabir untuk berhenti tampil di depan umum.

Ketika Kia sedang berada di AS untuk menghadiri acara kerja, Kabir pun diundang ke acara reuni di kampusnya. Kabir ditekan oleh seorang temannya untuk memberikan wawancara lagi dan disiarkan di TV. Aktris film Jaya Bachchan melihat wawancara ini, dan meminta suaminya, superstar Amitabh Bachchan untuk menelepon Kabir dan mengatur pertemuan dengannya. Jaya sangat terkesan dengan kisah pernikahan inkonvensional pasangan tersebut.

Kia menerima kabar pertemuan ini saat berada di AS dan hal ini malah menyebabkan lebih banyak pertengkaran antara Kia dan Kabir. Sementara itu, ibunda Kia dibawa ke rumah sakit setelah pingsan yang membuat Kia bergegas untuk kembali ke India. Sekembalinya ke rumah, Kia menuduh bahwa Kabir telah memanfaatkannya lagi, Kia mengatakan bahwa Kabir menggunakan hubungan mereka semata-mata hanya untuk keuntungannya sendiri. Kia lebih lanjut mengutuk Kabir karena mendapatkan ketenaran tanpa harus bekerja keras. Di sisi lain, Kia harus bekerja keras untuk mendapatkan ketenaran tersebut, namun perjuangannya selama ini Ia rasa tidak sebanding dengan ketenaran suaminya yang didapat dengan sekejap, Kia pun merasa bahwa kariernya yang sukses menjadi tidak diperhatikan.

Alhasil perasaan sedih dan campur aduk membuat Kabir tidak membela diri dan mulai berkemas untuk pergi. Tak lama setelah itu, Kia menemukan hadiah yang diberikan Jaya kepada Kabir untuk istrinya, dan juga surat yang ditulis oleh aktris tersebut, di mana dia mengucapkan selamat kepada pasangan tersebut dan mengatakan bahwa menjadi pria yang mengurus rumah tangga daripada bekerja adalah pilihan yang berani, tetapi untuk menjadi istri dari pria seperti itu adalah pilihan yang lebih sulit. Ibu Kia juga menanyakan tentang permasalahan rumah tangga putrinya tersebut. Ibu Kia menasehati Kia tentang sifat kecemburuannya dan mengatakan bahwa itulah alasan utama mengapa hubungan yang sebelumnya harmonis mulai retak dan muncul permasalahan.

Kia pun menyadari kesalahannya bahwa dia telah bersikap keras dan tidak adil terhadap Kabir. Lantas, Kia pun meminta maaf kepada Kabir atas perilaku dan temperamennya. Akhirnya, pasangan tersebut berkompromi dan berdamai dengan diakhiri rasa bahagia. Tak lama setelah itu, Ayah Kabir yang semulanya tidak menyetujui hubungan Kabir dan Kia, hatinya luluh oleh kerja keras, kecerdasan, dan semangatnya Kia dalam berbisnis. Ayahnya Kabir pun memutuskan untuk menjadikan Kia sebagai CEO perusahaannya.

Analisis Film

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline