Lihat ke Halaman Asli

Beno AbriyanSyah

Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Airlangga

Sekilas Magang di PT PJB UP PLTS 1 MW Cirata

Diperbarui: 23 Juni 2022   15:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Praktik magang merupakan kegiatan pembelajaran akademik yang dilakukan oleh mahasiswa untuk mengembangkan kemampuan tenaga kerja. Dengan kegiatan tersebut diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan pengalaman dalam memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Oleh sebab itu maka mahasiswa dapat mempersiapkan diri dengan maksimal sebelum memasuki dunia industri atau dunia usaha.

Pada zaman modern ini persoalan energi lisrik menjadi suatu hal yang penting untuk kehidupan sehari hari mahasiswa pada umumnya baik untuk kebutuhan rumahtangga, sosial, industri dan lain – lain. Sejalan dengan waktu, kebutuhan listrik trus melonjak dari waktu ke waktu. Maka dari itu dibangunlah pembangkit listrik sekali kecil maupun besar dengan sumber bahan bakar pembangkit mulai dari fosil maupun Energi Baru Terbarukan atau (EBT)

Energi Baru Terbarukan (EBT) di Indonesia masih sangat sedikit. Hal tersebut tidak lepas dari kendala serta proses pemanfaatan EBT yang tidak banyak dipahami oleh masyarakat. Salah satu potensi EBT yang dapat dimanfaatakan oleh masyarakat kota Semarang adalah energi cahaya matahari dan energi kinetik angin. Energi cahaya matahari dapat dimanfaatkan menjadi energi listrik dengan memanfaatkan panel surya (PV), sedangkan energi kinetik angin dapat diubah menjadi energi listrik dengan menggunakan turbin angin.

Dengan mengarahkan module fotovoltaic pada sudut kemiringan atau sudut tilt tertentu, radiasi cahaya matahari yang diserap dapat dioptimalkan pada suatu kurun periode dalam satu tahun. Hal ini dapat memperbesar keluaran rata-rata tahunan dari module fotovoltaic. Secara umum, kemiringan dari module fotovoltaic dapat disesuaikan dengan posisi lintang lokasi penempatan agar mendapatkan efisiensi penyerapan energi foton yang lebih besar (Samsurizal et al, 2018).

Sudut azimuth panel surya merupakan sudut peletakan panel surya searah dengan arah jarum jam dengan acuan arah utara hingga selatan, besar sudut azimuth mulai dari 0° − 360° . Sudut azimuth yang digunakan untuk melihat pengaruh sudut azimuth terhadap radiasi matahari yang dapat diterima oleh panel surya adalah mulai dari sudut 90° hingga 270° dengan kenaikan setiap sudutnya sebesar 30°.

Beberapa tujuan umum magang diantaranya :

  • Supaya mahasiswa dapat memahami dan membiasakan diri untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja sehingga lebih siap ketika terjun ke dunia nyata di kemudian hari.
  • Supaya mahasiswa dapat mengetahui lebih dalam mengenai Energi Baru Terbarukan.
  • Mahasiswa mendapat pengalaman dan mendapat bayangan akan pekerjaan di dunia nyata.
  • Mengetahui prosedur proses operasi industri dan membandingkan dengan ilmu yang sudah di dapat saat kuliah.      
  • Menciptakan hubungan baik antara Universitas Airlangga dengan industri tempat magang.

PT Pembangkitan Jawa Bali atau yang biasa dikenal dengan PT PJB merupakan anak perusahaaan dari PT PLN (Persero). PT PJB berdiri pada tahun 1995 yang pada saat itu namanya adalah PT Pembangkitan Tenaga Listrik Jawa-Bali II yang kemudian, tepatnya pada tahun 2000 perusahaan tersebut berganti nama menjadi PT Pembangkitan Jawa Bali atau yang biasa disingkat dengan PT PJB. Sejak saat itu, yaitu pada tahun 1995 PT PJB mengabdikan diri untuk bangsa dan negara pada bidang pembangkitan listrik. Saat ini PT PJB sudah memiliki delapan unit pembangkit listrik yang tersebar di seluruh Indonesia. Delapan unit pembangkit tersebut diantaranya adalah  UP Gresik, UP Paiton, UP Muara Karang, UP Muara Tawar, UP Cirata, UP Brantas, PLTMG Bawean, dan PLTD Suppa. Kedelapan unit pembangkit tersebut memiliki kapasistas total sebesar 7.054 MW.

Perjalanan PT PJB dari awal berdiri hingga saat ini sangatlah panjang. Dimulai dari berdiri dan berganti nama, selanjutnya PT PJB berkembang serta melebarkan sayapnya. Perkembangan tersebut dapat dikatakan pesat karena PT PJB mampu mendirikan beberapa unit bisnis, seperti pada tahun 2001 PT PJB mendirikan anak perusahaan yang Bernama PT PJB Services dengan bidang jasa O&M pembangkit, selanjutnya pada tahun 2003 PT PJB menyertakan saham di PT Rekadaya Elektrika yang bergerak di bidang jasa Engineering, Procurement And Construction (EPC) pembangkit listrik, pada tahun 2004 sampai dengan 2006 PT PJB juga turut berinvestasi saham untuk pengembangan pembangkit di sejumlah perusahaan. Selanjutnya, pada tahun 2009 PT PJB kembali mendirikan Unit Bisnis Jasa-jasa O&M (UBJOM). Kemudian secara berkala setiap tahun, dimulai dari tahun 2012 hingga tahun 2019 PT PJB mengalami progres yang terus meroket. Progres tersebut antara lain meraih beberapa prestasi, pendirian anak perusahaan, perubahan visi dan misi, dan beberapa pencapaian lain yang membuat nama PT PJB semakin melangit.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline