Lihat ke Halaman Asli

Benny Rhamdani

TERVERIFIKASI

Kreator Konten

Tulisan Wisata Indonesia Sepi Pengunjung?

Diperbarui: 17 Juni 2015   22:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14125739991047378710

[caption id="attachment_364297" align="aligncenter" width="490" caption="Beberapa Tulisan Wisata Saya Menjadi HL. (Captured: Benny)"][/caption]

Menulis  tentang wisata bukanlah tujuan utama saya terjun di Kompasiana. Namun setelah membaca postingan beberapa kompasianer saya pun mulai tertarik dengan kanal tersebut. Saya pun bertanya kepada seorang kompasianer yang lebih pengalaman tentang kondisi di Kompasiana. Menurutnya, tulisan wisata di Kompasiana jarang dibaca dan jarang diangkat jadi headline, kecuali wisata luar negeri. Benarkah?

Rasa penasaran membuat saya mulai menulis pengalaman-pengalaman saya menjejak ke obyek-obyek wisata luar negeri. Tulisan pertama tentang Milan Itali dengan judul Jadi Kurir Tas Branded Dari Italia. Di luar perkiraan saya, pengunjung tulisan tersebut jumlahnya mencapai lebih dari 1.000 pengunjung. Lalu, saya pun posting di Kompasiana tulisan wisata luar negeri lainnya, tapi ternyata jumlah pembaca sangat sedikit. Padahal beberapa di antaranya adalah tulisan saya yang sudah dimuat di majalah dan surat kabar.

14125703671762251283

Saya pun menjajal menulis tentang obyek wisata lokal, tepatnya di Bandung, dengan judul Ada 'Love Lock' di Bandung. isinya tentang wisata kuliner di Bandung yang menyuguhkan gimmick gembok cinta yang menurut saya unik. Tapi angka pengunjung di bawah target yang saya harapkan. Menyerah? Belum.

Saya kemudian menulis tentang obyek wisata di kota Cimahi dengan judul Liburan Keluarga di Alam Wisata Cimahi. Ternyata oleh admin diangkat menjadi HL,  maka jumlah pengunjung bisa tembus di atas 1.000 pembaca. Bahkan di mesin pencari Google pun dengan kata kunci Alam Wisata Cimahi pernah berada di halaman 1. Tulisan yang merupakan acara jalan-jalan saya bersama keluarga ini ternyata angka pembacanya bertambah  setiap minggu karena rupanya jenis tulisan wisata tak lekang oleh waktu. Terutsama bisa jadi panduan bagi masyarakat yang hendak ke Alam Wisata Cimahi.

Saking senangnya, saya pun mencoba menulis lagi di kanal wisata. Kali ini tentang kuliner Bandung dengan judul semi bombastis Ramen Ling-Ling Bikin Kembali Muda. Saya kaget ketika tulisan coba-coba itu diganjar HL oleh admin Kompasiana. Jumlah pengunjung pun bisa tembus di atas 1.000. Hmm, jadi nggak benar ya kalau tulisan di kanal wisata itu miskin pengunjung. Bahkan kalau tentang wisata Indonesia. Tergantung banyak hal, mulai dari pemilihan judul, obyek tulisan, sampai dijadikan HL atau tidak sama admin. Oh iya, lucunya, beberapa minggu kemudian kedai ini pindah lokasi, padahal saya sudah tulis alamatnya di postingan.

Setelah itu tulisan di kanal wisata pun mengalir begitu saja. Baik tentang obyek wisata lokal maupun kulinernya. Karena saya tinggal di Bandung, maka tulisan yang kerap saya posting adalah kuliner Bandung. Mulai dari Cireng sampai mie yamin. Soalnya, kalo soal kuliner di Bandung, memang nggak ada habisnya.

Eh, tapi nggak harus menjadi HL juga sih tulisan saya di kanal wisata meraup banyak pembaca. Hingga kini angka tertinggi tulisan saya di kanal wisata justru dipegang tulisan wisata lokal yang bukan HL yakni Kesan Pahit Liburan di Jogja. Mungkin pembaca suka yang pahit-pahit gitu tentang Jogja, karena kebanyakan yang manis-manis.

[caption id="attachment_364256" align="aligncenter" width="415" caption="Nggak HL, bisa lebih dari 5.000 pembaca. (camptured: Benny)"]

14125713001190732739

[/caption]

Apa yang Didapat?

Seorang teman bertanya, apa yang didapat dengan menulis tentang wisata di Kompasiana? Gratisan. Sementara teman tahu saya sering menulis atau diorder menulis wisata di beberapa media cetak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline