Lihat ke Halaman Asli

HUT RI ke-78: Kita dipanggil untuk Kemerdekaan! di SMA Dempo

Diperbarui: 17 Agustus 2023   16:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Paskibraka sedang menjalankan tugas dalam upacara (Dokpri)

Sudah 78 tahun Indonesia lepas dari jeratan penjajah. Tepatnya, 17 Agustus 1945 adalah tanggal bersejarah bagi rakyat Indonesia untuk merayakan kemerdekaan Indonesia. Banyak pahlawan yang telah gugur dalam pertempuran di berbagai daerah. Mengenang para pahlawan yang telah gugur, SMA Katolik St. Albertus, Malang melaksanakan upacara untuk seluruh guru, karyawan, dan siswa-siswi.

Kamis, 17 Agustus 2023 adalah tonggak kemerdekaan yang dirayakan di SMA Katolik Santo Albertus (Dempo), Malang. Bertempat di Lapangan SMAK St. Albertus, Malang, upacara dilaksanakan dengan hikmat. Dalam upacara, para siswa mengenang seluruh jasa pahlawan untuk kemerdekaan Indonesia, melihat pasukan pengibaran bendera (Paskibraka) memberikan rasa hormat kepada bendera merah putih, dan menyanyikan lagu "17 Agustus" dan "Api Kemerdekaan" oleh Dempo Choir (Paduan suara SMA Dempo) menyuarakan semangat api menyala kepada para siswa di hari kemerdekaan. Beragam pakaian adat yang dikenakan guru dan siswa juga melambangkan keberagaman yang telah menjadi identitas Indonesia. Bruder Antonius Sumardi, O.Carm, kepada SMAK Dempo menegaskan bahwa,

 "Kita dipanggil untuk kemerdekaan! Abdilah kepada sesama dalam cinta kasih" 

Bruder Mardi ingin memberi pesan kepada para siswa bahwa kita sepatutnya menjaga toleransi kepada sesama lewat cinta kasih. Selain itu, Bruder Mardi juga menegaskan bahwa tantangan para siswa saat ini bukanlah melawan penjajah, melainkan media sosial. Lewat media sosial, para siswa dapat mengakses website yang bermanfaat. Tapi, ada juga website yang berbahaya bagi para siswa. Dampak negatifnya, website negatif itulah yang dapat merusak karakter para siswa dalam etika bersosial media.

Suasana upacara di SMA Dempo (Dokpri)

Selain upacara, SMA Dempo juga mengumumkan kejuaraan dari beberapa perlombaan di kegiatan Kenduri dan Pesta Rakyat yang lalu. Kebahagiaan dan kekeluargaan dirasakan oleh para siswa-siswi SMA Dempo (Dempoers). Foto bersama dengan anggota kelas dengan pakaian adat yang berbeda-beda memberikan warna dan semangat baru dalam merayakan kemerdekaan Indonesia.

Dalam kegiatan kali ini, SMA Dempo mengajak para siswa untuk terus bijak dalam sosial media, semangat dalam kemerdekaan, dan mengabdi kepada sesama dalam cinta kasih. Meski dalam perkembangan jaman, manusia telah dipenuhi dengan rasa intoleransi dan memilih untuk mementingkan diri sendiri, tetapi semangat kemerdekaan  membawa kita pada kebersamaan dalam kemerdekaan. Selamat merayakan hari ulang tahun Negara Republik Indonesia ke-78. MERDEKA! VIVA DEMPO!

Edisi: Kemerdekaan Indonesia & Saint Albertus Festival 2023




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline