1) BEBERAPA ASPEK UTAMA DARI TEORI SOSIOKULTURAL DARI LEV VYGOTSKY
Menurut Lev Vygotsky, teori sosiokultural menyatakan bahwa perkembangan kognitif dan kemampuan belajar anak-anak dipengaruhi oleh interaksi sosial dan konteks budaya. Teori ini menekankan bahwa belajar adalah proses sosial yang penting, bukan proses penemuan yang dilakukan secara mandiri.
Berikut beberapa aspek utama dari teori sosiokultural Vygotsky:
1. Interaksi sosial
Vygotsky percaya bahwa interaksi sosial dengan orang tua, guru, dan teman sebaya sangat penting untuk perkembangan kognitif anak-anak.
2. Alat-alat budaya
Vygotsky menekankan pentingnya alat-alat budaya seperti bahasa, simbol, dan teknologi dalam perkembangan kognitif anak-anak.
3. Internalisasi
Vygotsky berpendapat bahwa anak-anak akan menginternalisasi pengetahuan dan keterampilan yang mereka pelajari melalui interaksi sosial dan penggunaan alat budaya.
4. Pembelajaran kolaboratif
Vygotsky mendorong pembelajaran kolaboratif dan kooperatif antara anak-anak dengan guru atau teman sebaya.