Lihat ke Halaman Asli

Beni Candra

Mahasiswa

Beberapa Aspek Utama Sosial Kultural dan Psikososial Anak Menurut Ahlinya yang Harus Kita Ketahui

Diperbarui: 18 November 2024   19:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

1) BEBERAPA ASPEK UTAMA DARI TEORI SOSIOKULTURAL DARI LEV VYGOTSKY

Menurut Lev Vygotsky, teori sosiokultural menyatakan bahwa perkembangan kognitif dan kemampuan belajar anak-anak dipengaruhi oleh interaksi sosial dan konteks budaya. Teori ini menekankan bahwa belajar adalah proses sosial yang penting, bukan proses penemuan yang dilakukan secara mandiri.  

Berikut beberapa aspek utama dari teori sosiokultural Vygotsky:

1. Interaksi sosial

Vygotsky percaya bahwa interaksi sosial dengan orang tua, guru, dan teman sebaya sangat penting untuk perkembangan kognitif anak-anak.

2. Alat-alat budaya

Vygotsky menekankan pentingnya alat-alat budaya seperti bahasa, simbol, dan teknologi dalam perkembangan kognitif anak-anak.  

3. Internalisasi

Vygotsky berpendapat bahwa anak-anak akan menginternalisasi pengetahuan dan keterampilan yang mereka pelajari melalui interaksi sosial dan penggunaan alat budaya.  

4. Pembelajaran kolaboratif

Vygotsky mendorong pembelajaran kolaboratif dan kooperatif antara anak-anak dengan guru atau teman sebaya.  

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline