Lihat ke Halaman Asli

Beni Ananto

Halo saya Beni, seorang INFP atau INFJ (menurut MBTI Test). Salam kenal :))

Apakah Ennichisai 2019 Blok M Akan Jadi yang Terakhir?

Diperbarui: 3 Agustus 2019   23:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pribadi

Konnichiwa minna san.

Ada yang sudah datang ke annual event bertemakan Jepang, Ennichisai di Blok M juni lalu?

Ennichisai 2019 resmi diselenggarakan di hari sabtu, 22 Juni 2019. Bertepatan dengan hari ulang tahun Jakarta yang ke 492. Event tahunan yang banyak dinanti para pecinta Jepang ini akan berlangsung selama dua hari.

Seperti pada acara sebelumnya, di setiap tahun akan ada temanya. Dan untuk tema yang diusung pada Ennichisai 2019 adalah Danketsu atau Unity (Persatuan). Festival Ennichisai sendiri banyak mendapat dukungan dari berbagai pihak seperti Kedutaan Jepang, Japan Foundation, pemerintah kota Jakarta dan banyak lagi.

Ennichisai bisa disebut juga pasar kagetnya Jepang. Pertama kali diadakan pada tahun 2010 di Blok M, Jakarta. Tahun ini Ennichisai sudah memasuki tahun kesepuluh. Pemilihan lokasi di Blok M sendiri karena di Blok M banyak berdiri restoran dan kios yang bertemakan Jepang. Jika kita pergi ke kawasan Blok M kita bisa dengan mudah menemukan banyak orang Jepang. Dan Blok M sering disebut sebagai Little Tokyo-nya Jakarta.

Dari tahun ke tahun pengunjung Ennichisai kian bertambah. Jika akan datang ke sana, pengunjung siap-siap berdesakan karena akan ada banyak booth yang menjual berbagai macam pernak-pernik atau souvenir bertemakan Jepang seperti tokoh anime atau perlengkapan cosplay.

Selain itu, banyak juga booth yang menjual berbagai macam kuliner atau jajanan dari negeri sakura, seperti Takoyaki, Okonomiyaki, Ramen, Nasi Kare, Kakigori (Es Serut Jepang), Ringo Ame (Permen Apel) dan masih banyak lagi.

Dan kita akan sering melihat yang menjual atau melayani itu langsung orang jepangnya loh. Warga lokal dan Jepang di Ennichisai akan berbaur. Karena lokasi acaranya akan ditata sedemikian rupa seperti pada acara festival yang sering diadakan di Jepang, nuansanya akan membuat pengunjung berasa seperti sedang berada di Jepang.

Bagi pengunjung yang ingin berburu berbagai kuliner Jepang yang unik-unik sambil mengenal budaya Jepang yang kaya, Ennichisai Blok M sangat pas untuk dikunjungi.

Pada Ennichisai 2019 ini untuk agenda masih sama dengan yang sebelumnya. Ada tiga panggung yang tersedia di Ennichisai 2019, Main Stage, Pop Culture Stage dan Chika Stage. Ada banyak acara di Ennichisai 2019 ini seperti Mikoshi, Dashi, Taiko, Cosplay, penampilan artis dari dalam dan luar negeri dan banyak lagi.

Jika ingin melihat para cosplayer beraksi, Ennichisai adalah tempatnya. Para cosplayer tidak hanya berasal dari Jakarta dan sekitarnya, tetapi banyak juga yang datang dari berbagai kota di Indonesia. Ennichisai bisa menjadi ajang untuk pamer insta-story karena pengunjung bisa berfoto dengan para tokoh manga atau anime Jepang seperti yang biasa terlihat di sekitaran Akibahara, Tokyo, Jepang.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline