Lihat ke Halaman Asli

Macam-macam Audiens Kesehatan

Diperbarui: 4 Desember 2017   05:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Audiens kesehatan terbagi dalam beberapa kategori. Individu misalnya, dapat dilihat sebagai konsumen dari produk (barang) maupun jasa kesehatan. Selain itu, ahli atau penyedia fasilitas kesehatan juga merupakan konsumen utama dari barang dan jasa kesehatan. Baik organisasi maupun individu, keduanya bisa menjadi audiens kesehatan.

Konsumen kesehatan dibagi dalam beberapa jenis kategori yang berbeda, masing-masing dengan kebutuhan yang spesifik. Kita biasanya berpikir mengenai orang-orang yang membutuhkan pelayanan untuk menyelamatkan nyawa mereka sebagai pasien pada umumnya. Namun pada kenyataannya, kejadian seperti ini jarang terjadi. Namun ketika terjadi, maka dibutuhkan personel yang berdedikasi, peralatan dan fasilitas untuk menejemen mereka.

Konsumen yang biasa ditemui adalah mereka yang yang membutuhkan layanan kesehatan secara rutin. Ini termasuk tipe individu yang membawa diri mereka pada perawatan dokter, klinik, atau terapi. Sementara kategori ketiga merupakan konsumen yang menginginkan layanan kesehatan elektif (fakultatif, optional, bisa iya bisa tidak). Ini termasuk produk atau layanan yang tidak dianggap penting secara medis.

Ada juga kategori utama konsumen yang terlibat dalam perawatan diri sendiri. Penelitian  menunjukkan bahwa jumlah perawatan diri jauh lebih besar daripada yang diperkirakan sebelumnya, dan bahwa mengakses sistem perawatan kesehatan  formal biasanya hanya terjadi setelah pilihan lain telah habis. Jadi,  individu yang memiliki gejala suatu penyakit bisa mendiagnosa dan mengobati diri  sendiri, menggunakan berbagai macam produk kesehatan  "do-it-yourself'' yang tersedia. Rak  apotek telah dipenuhi dengan berbagai produk dan peralatan untuk  pengujian dan perawatan kesehatan di rumah, dan Internet telah memperluas  ketersediaan produk tersebut.

Untuk alasan ini  dan lainnya, sejumlah istilah berbeda diterapkan kepada  pembeli dan/ atau pengguna akhir (end user) barang dan layanan kesehatan. Di tingkat praktisi, istilah "pasien" memberi jalan untuk istilah lain  yang lebih jelas mencerminkan lingkungan perawatan kesehatan  kontemporer. Istilah utama yang digunakan untuk membedakan audiens dari komunikasi kesehatandiantaranya adalah kosnumen, pelanggan (customer), klien,pasien, enrollees,dan pengguna akhir (end users).




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline