Audiens kesehatan terbagi dalam beberapa kategori. Individu misalnya, dapat dilihat sebagai konsumen dari produk (barang) maupun jasa kesehatan. Selain itu, ahli atau penyedia fasilitas kesehatan juga merupakan konsumen utama dari barang dan jasa kesehatan. Baik organisasi maupun individu, keduanya bisa menjadi audiens kesehatan.
Konsumen kesehatan dibagi dalam beberapa jenis kategori yang berbeda, masing-masing dengan kebutuhan yang spesifik. Kita biasanya berpikir mengenai orang-orang yang membutuhkan pelayanan untuk menyelamatkan nyawa mereka sebagai pasien pada umumnya. Namun pada kenyataannya, kejadian seperti ini jarang terjadi. Namun ketika terjadi, maka dibutuhkan personel yang berdedikasi, peralatan dan fasilitas untuk menejemen mereka.
Konsumen yang biasa ditemui adalah mereka yang yang membutuhkan layanan kesehatan secara rutin. Ini termasuk tipe individu yang membawa diri mereka pada perawatan dokter, klinik, atau terapi. Sementara kategori ketiga merupakan konsumen yang menginginkan layanan kesehatan elektif (fakultatif, optional, bisa iya bisa tidak). Ini termasuk produk atau layanan yang tidak dianggap penting secara medis.
Ada juga kategori utama konsumen yang terlibat dalam perawatan diri sendiri. Penelitian menunjukkan bahwa jumlah perawatan diri jauh lebih besar daripada yang diperkirakan sebelumnya, dan bahwa mengakses sistem perawatan kesehatan formal biasanya hanya terjadi setelah pilihan lain telah habis. Jadi, individu yang memiliki gejala suatu penyakit bisa mendiagnosa dan mengobati diri sendiri, menggunakan berbagai macam produk kesehatan "do-it-yourself'' yang tersedia. Rak apotek telah dipenuhi dengan berbagai produk dan peralatan untuk pengujian dan perawatan kesehatan di rumah, dan Internet telah memperluas ketersediaan produk tersebut.
Untuk alasan ini dan lainnya, sejumlah istilah berbeda diterapkan kepada pembeli dan/ atau pengguna akhir (end user) barang dan layanan kesehatan. Di tingkat praktisi, istilah "pasien" memberi jalan untuk istilah lain yang lebih jelas mencerminkan lingkungan perawatan kesehatan kontemporer. Istilah utama yang digunakan untuk membedakan audiens dari komunikasi kesehatandiantaranya adalah kosnumen, pelanggan (customer), klien,pasien, enrollees,dan pengguna akhir (end users).
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H