Lihat ke Halaman Asli

Benedictus Adithia

TERVERIFIKASI

Kompasiana Youth Creator Batch 1 | Journalism Enthusiast

Menakar Penurunan Minat Generasi Z Menjadi Aparatur Sipil Negara

Diperbarui: 17 November 2023   18:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Masihkah ASN menjadi profesi pilhan Gen Z? (Foto: Radarutara.id)

Di era  teknologi seperti sekarang, perubahan paradigma global terhadap profesi impian juga semakin beragam. Salah satu profesi yang sejak lama dianggap prestisius dan stabil adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) atau dulu yang kita kenal sebagai PNS. 

Namun, pertanyaannya muncul, masihkah ASN menjadi profesi impian generasi Z?

ASN, dengan segala konotasinya, telah lama dianggap sebagai jalur karier yang menjanjikan dan memberikan stabilitas finansial bagi individu yang memilihnya. 

Namun, dalam konteks zaman yang terus berkembang, apakah daya tarik profesi ini masih tetap memikat? Bagaimana generasi Z melihat profesi ASN?

Generasi Z, yang kini semakin banyak memasuki dunia kerja, menunjukkan karakteristik unik yang membedakannya dari generasi sebelumnya. 

Dengan tingkat kenyamanan yang tinggi dalam menggunakan teknologi dan kepedulian terhadap keberagaman di lingkungan kerja, generasi ini membawa dinamika baru dalam paradigma pekerjaan.

Mengutip The Conversation, riset yang dilakukan oleh Tim Penelitian Pusat Karier di Universitas Andalas dan Tanoto Foundation pada tahun 2021 memberikan wawasan menarik terkait preferensi Generasi Z terhadap jenis pekerjaan atau tempat kerja. 

Survei daring yang melibatkan lebih dari seribu responden mahasiswa semester 5-9 dari berbagai provinsi di Indonesia mengungkapkan fakta menarik terkait minat mereka terhadap beberapa pilihan karier.

Salah satu aspek yang menarik perhatian adalah penurunan minat terhadap pekerjaan dalam sektor Aparatur Sipil Negara (ASN). 

Dugaan umum selama ini, bahwa pekerjaan seperti ASN kurang diminati oleh Generasi Z, ternyata terjawab melalui data pendaftaran seleksi calon ASN tahun 2022.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline