Lihat ke Halaman Asli

Benedictus Adithia

TERVERIFIKASI

Kompasiana Youth Creator Batch 1 | Journalism Enthusiast

Menunggu Kartu As Prabowo Subianto, Akankah Jadi Skill Ultimate?

Diperbarui: 19 Oktober 2023   20:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi kandidat cawapres berpasangan dengan Prabowo Subianto. (KOMPAS.com/Ilustrator: ANDIKA BAYU SETYAJI)

Sebagai seorang pemilih pemula, saya merasa beruntung bisa ikut serta dalam pemilihan presiden untuk kedua kalinya. Pemilu 2024 tampaknya akan menjadi pertarungan politik yang semakin menarik. 

Dalam kontestasi ini, ada tiga pasangan calon yang bersaing untuk mendapatkan mandat rakyat, dan saat ini, dua dari tiga pasangan tersebut telah mengumumkan calon wakil presiden mereka. 

Pasangan pertama yang telah mendeklarasikan diri adalah Anies Baswedan dan Cak Imin, sedangkan pasangan kedua, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, baru saja mengumumkan keputusan mereka kemarin.

Namun, ada satu pasangan calon yang masih menutup rapat-rapat 'kartu jokernya'. 

Prabowo Subianto, yang pada pemilihan presiden sebelumnya merupakan rival kuat, tampaknya masih merahasiakan siapa yang akan menjadi pendampingnya dalam pertarungan mendapatkan kursi kekuasaan tertinggi di Indonesia. 

Tiga nama kuat telah muncul sebagai potensial calon wakil presiden yang akan mendampingi Prabowo, yaitu Gibran Rakabuming Raka, Erick Thohir, dan Khofifah Indar Parawansa.

Tahun ini, pemilu terasa berbeda dan lebih menarik bagi saya dibandingkan dengan pemilu sebelumnya. Pada 2019, saya hanya dihadapkan pada dua pilihan, Prabowo Subianto dan Joko Widodo. 

Namun, tahun ini, pilihan menjadi lebih beragam, dengan tiga pasangan calon yang siap bersaing. 

Meskipun ini bisa menjadi suatu kemajuan dalam demokrasi, di sisi lain sebagai pemilih pemula, saya merasa bahwa ini juga membuat tugas saya menjadi lebih rumit.

Gagasan-gagasan dari beberapa pasangan calon cukup menarik. Anies Baswedan - Cak Imin menawarkan komitmen untuk memperbaiki sistem pendidikan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline