Lihat ke Halaman Asli

Benedictus Adithia

TERVERIFIKASI

Kompasiana Youth Creator Batch 1 | Journalism Enthusiast

Elmi Sumarni Ismau: Menyemai Semangat Inklusi bagi Penyandang Disabilitas di NTT

Diperbarui: 29 Agustus 2023   00:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Elmi Sumarni Ismau. (Sumber: Instagram/@elmiismau)

Elmi Sumarni Ismau adalah seorang sosok inspiratif yang menjadi tonggak utama dalam mewujudkan inklusi dan kesetaraan bagi penyandang disabilitas di Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Ia adalah pendiri dan pemimpin Gerakan Advokasi Transformasi Disabilitas untuk Inklusi (GARAMIN) NTT, sebuah organisasi non-pemerintah yang independen, nirlaba, dan non-partisan.

Ia merupakan penerima penghargaan SATU Indonesia Awards tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Astra.

Latar Belakang dan Perjuangan


Elmi Sumarni Ismau bersama dengan kelima temannya, termasuk satu teman non-disabilitas, mendirikan GARAMIN NTT pada 14 Februari 2020. 

Gerakan ini lahir dari keinginan untuk mengubah pandangan masyarakat, pemerintah, dan penyandang disabilitas sendiri terhadap hak dan potensi penyandang disabilitas. 

Mereka ingin mengatasi stigma bahwa penyandang disabilitas selalu membutuhkan belas kasihan dan hanya dapat diurus oleh dinas sosial. 

Elmi dan timnya percaya bahwa penyandang disabilitas memiliki potensi untuk menjadi pemimpin dan berkontribusi dalam pembangunan serta tujuan pembangunan berkelanjutan yang inklusif.

Kontribusi


Meskipun didirikan di tengah pandemi COVID-19, GARAMIN NTT tetap aktif memberikan edukasi tentang COVID-19 dan membantu para penyandang disabilitas dalam menghadapi situasi sulit. 

Mereka bahkan turut membantu dalam penanganan Badai Seroja yang melanda NTT pada April 2021. Relawan GARAMIN NTT berjuang melewati medan sulit untuk memberikan bantuan kepada teman-teman disabilitas di lokasi bencana. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline