Lihat ke Halaman Asli

Ben Baharuddin Nur

TERVERIFIKASI

Gempa Chili Menghancurkan Wilayah Nelayan

Diperbarui: 24 Juni 2015   00:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

[caption id="" align="aligncenter" width="638" caption="Penduduk sedang menyaksikan perahu nelayan yang rusak akibat tsunami kecil yang melandai daerah pesisir Riquelme Cove, Chili menyusul gempa bumi 8,2 skala Richter yang terjadi pada  Selasa malam. (Photo: Aldo Solimano, AFP/Getty Images)"][/caption]

Untuk kesekian kalinya dalam beberapa tahun terakhir Chili hari Selasa 01/04) sekitar pukul 20:46 malam waktu setempat dilanda gempa bumi berkekuatan 8,2 skala richter. Gempa yang terjadi di perairan sebelah Utara Chili ini memicu tsunami kecil daearah yang berada di pesesir pantai Selatan Amerika. Gempa ini menelan korban jiwa sedikitnya 5 orang.

Korban yang meninggal terdiri atas 4 pria dan seorang perempuan yang diduga akibat serangan jantung sementara sebahagian lainnya menderita luka kata Menteri Dalam Negeri Rodrigo Penailillo sebagaimana dikutip dari situs berita USA Today.

Lokasi episentrum berada di laut pasifik sekitar 60 mil Barat Laut kota Iquique, Chili pada kedalaman 12,5 mil, sebagaimana dilaporkan oleh Badan Survei Geologi Amerika Serikat.

Peringatan tsunami telah disampaikan kepada penduduk yang bermukim di pesisir pantai Chili, Peru dan Ekuador. Sementara itu, penduduk pantai Kolombia, Panama dan Costa Rica diperingatikemungkinan terjadinya gelombang tinggi, kata Badan Administrasi Atmosfir dan Perairan Nasional yang dikutip USA today.

Gelombang tsunami kecil diperkirakan akan sampai ke pesisir Indonesia sekitar hari Kamis subuh (03/04) berlanjut hingga sekitar jam 20 malam. Sebagaimana diberitakan oleh saluran TV RCTI, daerah pesisir yang diperkirakan akan menerima tsunami kecil setinggi 50 cm antara lain pesisir Papua, Sulawesi, Maluku dan sejumlah daerah pesisir di kawasan Timur lainnya.

------------------------- @ben369 -------------------------




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline