Lihat ke Halaman Asli

BEM FKIP UHAMKA

Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

Akademia: Bonus Demografi Indonesia antara Harapan atau Kutukan

Diperbarui: 6 Oktober 2023   23:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

BEM FKIP UHAMKA

AKADEMIA: BONUS DEMOGRAFI INDONESIA ANTARA HARAPAN ATAU KUTUKAN

Bonus demografi menjadi fenomena yang tidak boleh terlewatkan oleh bangsa Indonesia, segenap lapisan masyarakat bahu membahu agar fenomena demografis ini tidak terlewatkan sia-sia. Dibalik kondisi tersebutlah, Indonesia harus mempersiapkan secara matang.

Program kerja Akademia dari BEM FKIP UHAMKA kembali berlangsung dalam mewujudkan budaya diskusi di kampus. Kali ini BEM FKIP UHAMKA menggandeng HMPG UHAMKA dalam membahas salah satu fenomena demografis.

Tema yang dibawakan ialah "Pendidikan Menjadi Kunci Hadapi Bonus Demografi", dengan dua pemantik yaitu Ivan Ardiansyah dan Abdul Iqram, serta dipandu oleh Sanaulah Zehri sebagai moderator. Akademia ini berlangsung pada tanggal 24 Mei 2023 di Lapangan Miring FKIP UHAMKA.

Dihadapan 32 peserta yang hadir, Zehri membuka diskusi dengan memberikan pengenalan tema, serta memberikan instruksi agar peserta membaca esai yang telah dibagikan agar diskusi berjalan lebih terarah. Kemudian sesi dilanjutkan oleh Ivan sebagai pemantik pertama.

Ivan memantik diskusi diawali dengan pengenalan terhadap fenomena bonus demografis yang dihadapi oleh Indonesia.  Ia juga menyebutkan data jumlah penduduk Indonesia menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) demi menunjang pendapatnya.

"Bonus demografi akan menimpa Indonesia, negara yang memiliki masyarakat sampai total 270 juta jiwa harus bersiap dengan serius. Fenomena ini ialah tatkala suata kondisi demografis suatu negara yang memiliki jumlah masyarakat di usia produktif lebih besar" Ujar Ivan

Selanjutnya ia menambahkan, "Kita bisa memanfaatkan bonus demografis ini, khususnya disektor pendidikan nantinya harus lebih giat dalam memberikan pendidikan kepada para peserta didik agar siap menghadapi dunia kerja".

Tidak ketinggalan ia juga menngungkapkan fakta bahwa pengangguran di negeri ini masih tinggi, dan dapat bertambah naik seiring dengan bonus demografis apabila tidak segera diantisipasi oleh seluruh elemen bangsa.

Kemudian Akademia dilanjutkan dengan pemberian pantikan oleh pemantik kedua Abdul, ia menambahkan terkait beberapa upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah dalam menyikapi bonus demografis

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline