Lihat ke Halaman Asli

BEMFA MIPA UM

Official akun kompasiana BEMFA MIPA UM 2022

Peningkatan Intelektual dengan Menulis Artikel Jurnal Terindeks Sinta dan Scopus

Diperbarui: 18 Mei 2021   18:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penyampaian materi oleh Ibu Sri Rahayu Lestari

                                                                                           

Kementerian Pendidikan BEMFA MIPA UM telah sukses menggelar kegiatan dengan tajuk “Cara Menulis Artikel Jurnal Terindeks Sinta dan Scopus”. 

Pemateri yang hadir dalam kegiatan ini adalah Dr.Sri Rahayu Lestari, M.Si selaku dosen Ketua Jurusan Biologi dan Korprodi S1 Biologi FMIPA UM. Kegiatan ini ditujukan bagi seluruh mahasiswa aktif FMIPA UM.  Acara dilaksanakan pada Minggu, 2 Mei 2021 pukul 09.00 – 11.30 WIB. 

Pelaksanaan acara ini adalah secara daring melalui platform Zoom Meeting mengingat pandemi Covid-19 belum juga usai. Kegiatan ini dibuka secara gratis bagi seluruh mahasiswa aktif FMIPA UM, dengan harapan dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berdiskusi dengan berbagai sudut pandang dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat mengenai cara penulisan artikel ilmiah.

Kegiatan ini merupakan salah satu  program kerja Kementerian Pendidikan BEMFA MIPA UM, yaitu kegiatan “Belajar Bersama BEM (BBB)”. 

Adapun tujuan diadakan kegiatan ini adalah sebagai wadah bagi mahasiswa FMIPA UM untuk berdiskusi dan belajar mengenai materi yang akan dibahas dalam BBB ini, dengan harapan dapat mengembangkan kapasitas akademik dan karakter saintis demi peningkatan intelektual mahasiswa FMIPA UM. Ketua pelaksana dari kegiatan ini adalah Nina Aulia Rahma selaku mahasiswa Jurusan Biologi UM.

Acara ini dibuka oleh moderator yang kemudian dilanjutkan pemaparan materi oleh Dr.Sri Rahayu Lestari, M.Si. Materi disampaikan dengan jelas dan lugas sehingga mampu membuat peserta paham akan materi yang dibahas.”Sinta merupakan portal yang berisi pengukuran kerja IPTEK yang fungsinya menilai kinerja jurnal berdasarkan standar akreditasi dan sitasi, sementara SCOPUS adalah layanan indikasi dan penyedia database jurnal terbesar”, begitu sekiranya sedikit penjelasan materi dari Ibu Sri Rahayu.

Ibu Sri Rahayu juga memaparkan akan pentingnya menulis artikel ilmiah sebagai bentuk melatih diri agar menjadi pribadi yang unggul, menunjang universitas, gemakarsata dan yang paling penting, sebagai mahasiswa, adalah untuk menyelesaikan tugas akhir. Cara menyusun artikel ilmiah juga dijelaskan dengan detail  dan terperinci sehingga mudah dipahami. Beliau juga menyediakan contoh draft format pendahuluan agar peserta mampu dan mau berlatih menulis draft pendahuluan artikel ilmiah dengan baik.

Setelah pemaparan materi usai, dilanjutkan dengan penyusunan draft pendahuluan artikel ilmiah dengan contoh format yang telah diberikan oleh pemateri. Para peserta diberi waktu untuk menyusun draft pendahuluan artikel, yang setelah itu bagi peserta yang ingin menyampaikan isi dari draft pendahuluan miliknya dapat menyampaikan hasil penyusunan draftnya. 

Draft pendahuluan milik peserta tersebut kemudian akan didiskusikan oleh peserta lainnya yang kemudian akan ditindaklanjuti oleh pemateri. Antusias dari peserta dalam seminar ini sangat baik. Hal itu dapat dilihat dari keaktifan para peserta dalam bertanya seputar materi pada sesi tanya jawab. Acara ini diakhiri dengan kegiatan foto dan doa bersama.

Kegiatan ini sukses digelar dengan berhasil melebihi target peserta yang dicanangkan. Ada sekitar 152 peserta yang mengikuti serangkaian kegiatan dari awal hingga akhir. Dan draft pendahuluan yang dikirimkan juga sudah hampir mencapai jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline