Lihat ke Halaman Asli

Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Kampanye Komunikasi Politik di Era Digital

Diperbarui: 10 Januari 2023   20:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dibuat oleh Bella Septiani
Dosen pengampu Saeful Mujab S.Sos., M.I.Kom

ABSTRAK

Media sosial memiliki keuatan untuk mempengaruhi masyarakat, karena terdapat interaksi dan partisipasi dari masyarakat, terutama untuk kegiatan politik, media sosial digunakan sebagai alat untuk melakukan kampanye di era yang serba digital seperti saat ini. Kampanye merupakan penyampaian pesan-pesan oleh politikus kepada masyarakat dengan tujuan supaya masyarakat dapat terpengaruhi dan mau berpartisipasi dalam kegiatan politik untuk mencapai tujuan politik. 

Para partai politik akan melakukan berbagai cara, terutama memanfaatkan media sosial sebagai alat komunikasi politik mereka, hal ini dikarenakan penggunaan media sosial semakin meningkat di masyarakat. Kekuatan media sosial untuk mempengaruhi masyarakat didasarkan secara eksklusif pada aspek sosialnya, ini berarti interaksi dan partisipasi yang bisa dilakukan melalui kampanye. Kampanye pada dasarnya adalah penyampaian pesan pesan dari pengirim kepada khalayak.

Dengan berkembangnya teknologi internet dan banyak penduduk di Indonesia menggunakan internet serta mempunyai media sosial seperti Facebook, Twitter, Blog dan Youtube. Indonesia menempati urutan kedelapan di seluruh dunia. 

Layanan jaringan media sosial yang khas bisa berbagi konten, komunitas web, dan forum internet media sosial dari alat dan komunitas yang berbeda. Penggunaan media sosial itu harus direncanakan, dikomunikasikan dan di program untuk meningkatkan kredibilitas partai.

Komunikasi politik ialah pertimbangan yang penting untuk memastikan cukup interaksi dalam platform media sosial. Dapat disimpulkan bahwa media sosial telah memainkan dan akan terus memainkan peran penting dalam kampanye politik politik. 

Sejauh penggunaan masa depan media sosial melalui platform seperti Facebook , Twitter , dan Youtube, kandidat politik akan terus berinteraksi dengan pendukung dan menerima dukungan dalam bentuk sumbangan dan relawan para partai politik berlomba-lomba untuk membuat strategi komunikasi semenarik mungkin untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat.

Kata Kunci: Media Sosial, Kampanye, Komunikasi Politik, dan Digitalisasi
 
LATAR BELAKANG

Pemilihan umum merupakan salah satu media demokrasi dalam kedaulatan rakyat. Pemilihan umum dalam negara demokratis merupakan gambaran dari suara rakyat yang dapat menentukan masa depan suatu negara. 

Suara rakyat ini akan ditampung partai politik yang menjadi kandidat di pemilihan umum nanti. Banyaknya partai politik yang mendaftar sebagai kandidat pemilihan umum memiliki dampak terhadap ketatnya persaingan antar partai politik untuk meraih suara calon pemilih. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline