Lihat ke Halaman Asli

Seminar Kepemimpinan: Internalisasi Nilai Kepemiminan oleh Mahasiswa UM di SMP Negeri 3 Singosari Kota Malang

Diperbarui: 27 November 2023   20:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Nilai penting kepemimpinan tentunya menjadi sebuah ajang utama terlebih lagi bagi suatu organisasi lingkup sekolahan. Kepemimpinan bukan hanya sekadar posisi atau jabatan, tetapi memiliki sebuah daya guna yang memegang peranan sentral dalam mengarahkan, menginspirasi, dan menciptakan perubahan positif. Pengetahuan terkait dengan kepimpinan tersebut menjadi persoalan kunci bagi para calon pemimpin mengenai bagaimana peranannya dalam memberikan sikap sebagai calon pemimpin yang baik dan mampu memberikan manfaat bagi para anggota.

Guna membantu para calon pemimpin memahami aspek dan fungsi seorang pemimpin yang baik maka mahasiswa Universitas Negeri Malang Departemen Administrasi Pendidikan Angkatan 2020 mengadakan adanya Seminar Kepemimpinan yang mengusung tema "Internalisasi Nilai Kepemimpinan: Membentuk Pemimpin Tangguh dan Kompeten". Seminar ini telah sukses dilaksanakan pada tanggal 18 November 2023 dengan bertempat di SMP Negeri 3 Singosari Kota Malang, dengan para pengurus inti ekstrakulikuler pramuka sebagai audiencenya.

Seminar kepemimpinan merupakan sebuah kegiatan berupa penyuluhan, pelatihan dan juga pertemuan yang dirancang guna memberikan jawaban terkait dengan konsep, ketrampilan dan juga strategi menjadi pemimpin yang baik. Seminar ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam mengenai bagaimana membangun kepemimpinan yang tidak hanya mampu bertahan di tengah dinamika perubahan, tetapi juga mampu menjadi agen perubahan yang proaktif. Para peserta seminar ini akan diberikan ilmu yang bermanfaat terkait dengan beragam jenis, teori kepemimpinan, diikuti dengan adanya tips & trik mengembangkan ketrampilan seorang pemimpin, dan contoh menerapkan konsep kepemimpinan tersebut dalam lingkup praktik nyatanya di lapangan.

Mahasiswa Universitas Negeri Malang Departemen Administrasi Pendidikan Angkatan 2020 telah sukses melaksanakan kegiatan Seminar Kepemimpinan ini, dengan target peserta merupakan para pengurus dan juga anggota ekstrakulikuler pramuka. Pemilahan peserta ditujukan untuk para anggota pramuka ini didasarkan peranan penting kepemimpinan bagi gerakan pramuka yang memiliki tujuan untuk membentuk karakter, membentuk kedisiplinan, dan sebagai upaya untuk mengembangkan ketrampilan serta nilai-nilai positif kepada para anggota. Pramuka menjadi ekstrakulikuler wajib diikuti bagi siswa-siswi pada tingkatan Sekolah Menengah Pertama (SMP), sehingga guna menciptakan pemahaman dan juga nilai menjadi seorang pemimpin yang baik, dibutuhkan pemahaman dalam bentuk pelatihan melalui kegiatan seminar ini.

Saya Bella Wahyu Rahmadani merupakan Mahasiswa Universitas Negeri Malang yang menjadi salah satu panitia yang menjadi bagian dari pelaksanaan kegiatan Seminar Kepemimpinan di SMP Negeri 3 Singosari Kota Malang dengan bertugas sebagai Sie Acara. Saya sangat mengapresiasi seluruh panitia dan juga pihak yang terlibat berpartisipasi dalam kesuksesan pelaksanaan Seminar Kepemimpinan yang dilaksanakan di tanggal 18 November 2023 bertempat di SMP Negeri Singosari Kota Malang. Pelaksanaan kegiatan seminar ini bermula dari adanya tugas dari mata kuliah Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Setiap tim yang bertugas memiliki bentuk kegiatan yang berbeda-beda, untuk tim saya memilih untuk melaksanakan kegiatan Seminar Kepemimpinan dengan bekerja sama dengan pihak sekolah SMP Negeri 3 Singosari Kota Malang dengan menggaet pemateri yang terkemuka dan tentunya sudah ahli dalam bidang kepemimpinan sebuah organisasi.

Tentunya kegiatan Seminar Kepemimpinan ini telah melalui proses yang panjang hingga akhirnya dapat terlaksana dengan optimal dan baik. Perancangan kegiatan seminar ini sudah dilaksanakan oleh tim mulai dari bulan Oktober 2023 dengan adanya proses yang rinci dan terorganisir dimulai dari pembentukan panitia, pembagian dan penentuan jobdesk setiap panitia, hingga merancang konsep dari acara seminar. Panitia yang terlibat memiliki tugas masing-masing dengan saling berkoordinasi dan bekerjasama demi kelancaran pelaksanaan kegiatan seminar. Susunan panitia sendiri terdiri dari pengurus inti berupa ketua, sekretaris, bendahara, lalu terdapat sie acara, sie humas, sie publikasi dekorasi dan dokumentasi, dan sie konsumsi. Keseluruhan panitia yang terlibat ini saling melakukan adanya koordinasi dan dimonitoring oleh pihak departemen selaku penasehat dan dosen mata kuliah ini.

Tahapan pelaksanaan kegiatan Seminar Kepemimpinan ini tentunya melewati beragam tahapan. Pertama, tahap pertama yang dilakukan oleh tim yaitu dengan melakukan rapat untuk mendiskusikan terkait dengan tema, target sekolah yang ingin dicapai, dan dilanjutkan dengan penyusunan proposal kegiatan. Penyusunan proposal ini ditujukan untuk memperoleh adanya persetujuan dari berbagai pihak yang terlibat mulai dari pihak departemen, dosen mata kuliah, dan juga pihak sekolah yang ditujukan sebagai tempat pelaksanaan kegiatan seminar ini. Persetujuan pihak-pihak tersebut menjadi tahapan awal bagi tim sebelum dilanjutkan untuk menyusun dan merancang proses kegiatan seminar. 

Kedua, tahapan kedua yaitu setiap panitia sesuai dengan jobdes masing-masing melaksanakan tugasnya dengan tetap melakukan koordinasi antar panitia. Saya selaku sie acara bertugas untuk menjalankan kegiatan agar acara dapat berjalan kondusif dan lancar sesuai dengan rundown kegiatan yang telah disusun, menjadi pelaksana dan mengkoordinir setiap sie untuk menjalankan tugasnya selama kegiatan berlangsung. Ketiga, tahapan ketiga adalah tahapan pelaksanaan kegiatan seminar kepemimpinan ini. Setelah melalui beragam persiapan akhirnya tiba pelaksanaan kegiatan Seminar Kepemimpinan yang dilaksanakan pukul 13.30 -- 15.30 pada hari Sabtu tanggal 18 November 2023 bertempat di SMP Negeri 3 Singosari Kota Malang. 

Pelaksanaan kegiatan tersebut dapat dilaksanakan dengan sukses dan berjalan dengan baik sesuai dengan rencana yang telah disusun di awal. Antusiasme para peserta yaitu para anggota pramuka juga dapat terpancar dari semangat mereka dalam mengikuti kegiatan seminar. Pelaksanaan kegiatan dimulai dari adanya briefing para panitia sebelum pelaksanaan kegiatan, lalu dilanjutkan dengan registrasi para peserta seminar dan tamu undangan, dibuka dengan kegiatan ice breaking di awal, lalu penayangan video UM dan pramuka sambil menunggu pemateri hadir di tempat.

Dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline