Lihat ke Halaman Asli

Bella Gracia

Mahasiswi

Interior dengan Experiental Design pada Beauty Store ini Bisa Kamu Terapkan di Tokomu!

Diperbarui: 14 November 2022   16:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Image Source: https://medium.com/beautytech-jp/ai-and-robots-attend-to-customers-at-sk-iis-latest-pop-up-smart-store-2ccbecd526be

Apa yang dicari customer ketika akan mengunjungi sebuah toko? Seiring dengan perkembangan zaman, telah terjadi pergeseran pada prioritas masyarakat. Saat ini customer tidak hanya ingin berbelanja, namun mereka ingin mendapatkan pengalaman baru yang menyenangkan dan berkesan ketika berada di dalam toko. Ini adalah dasar dari Experiental Design, konsep untuk mendorong customer agar memiliki pengalaman emosional (baik itu bersemangat, penasaran atau bahagia), membuat customer tinggal lebih lama, berkomunikasi lebih dalam, bahkan menghabiskan lebih banyak uang pada sebuah toko.

Experiental design memprioritaskan interaksi manusia dengan lingkungan yang dibangun, menggunakan design element pada interior untuk menciptakan keterikatan emosional customer pada brand tertentu. Contohnya, ketika toko lain membuat desain berdasarkan trend atau nilai estetika saja, experiental design melihat bagaimana manusia akan berinteraksi dengan ruang. Penting bagi desainer untuk memahami kebutuhan dan ekspetasi customer.

Berikut contoh interior pada beauty store dengan experiental design yang bisa kamu terapkan pada tokomu:

1. Gamified Pop Up COCO Chanel

Image Source: https://m.blog.naver.com/dameebaby/221258306503

Coco Game Center adalah pop-up Chanel Beauty yang terinspirasi oleh arcade hall di Jepang. Konsep arcade ini menggunakan mesin elektronik yang dilengkapi tombol control dan membutuhkan koin untuk memainkannya. Saat masuk, kita akan menerima kotak berisi token dan tiket bermain. Pop up store ini menyediakan berbagai permainan seperti kereta beauty ride, claw machine versi produk Chanel, permainan Pac-Man dan permainan retro Pong. Customer akan mendapatkan tester product sebagai hadiah ketika memenangkan permainan, menarik bukan?

Image Source: https://m.blog.naver.com/dameebaby/221258306503

Strategi untuk mengajak customer berbelanja sambil bermain ini dapat membuat customer lupa waktu ketika mengelilingi toko. Experiental Design ini sangat strategis khususnya untuk menarik pengunjung kalangan muda, dengan memiliki dan mencoba make up, pengunjung akan tertarik untuk membeli produk aslinya, ini juga menjadi teknik marketing Chanel.

2.  Sephora Spain

Image source: https://thefashionplatemag.com/2017/12/20/sephora-to-launch-a-new-play-share-shop-concept-store-in-barcelona-spain/

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline