Lihat ke Halaman Asli

Kalian Perlu Tahu 6 Masalah yang Sering Dialami Mahasiswa Rantau

Diperbarui: 22 Februari 2023   04:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source: Abby Chung

Apa itu Mahasiswa Rantau?

Mahasiswa rantau adalah orang yang meninggalkan rumah dan jauh dari keluarga yang telah menjadi bagian dari suatu institusi pendidikan. Biasanya banyak cerita tersendiri ketika berada di perantauan. 

Suka dan duka spesial sering dirasakan selama masa kuliah. Mungkin memang terasa berat jauh dari orang tua, apalagi di awal-awal perkuliahan. 

Kamu harus belajar mandiri, mengerjakan banyak hal seorang diri, mengenal lingkungan yang baru, hingga mnjadi lebih handal dalam melihat dan menyelesaikannya masalah sendiri.

Jika kalian belum tahu masalah apa aja sih yang sering dialami oleh mahasiswa rantau? Berikut adalah masalah-masalah yang sering dialami sebagai mahasiswa rantau:

1. Sulit Mengatur Waktu

Source: energepic.com

 Masalah satu ini sering terjadi pada kebanyakan mahasiswa rantau. Pasti banyak diantara kalian yang merasakan kehidupan perkuliah yang berbeda dengan kehidupan di SMA/SMK. Betul nggak tuh?

Banyak mahasiswa yang waktu tidurnya berantakan, dikejar tugas dengan deadline harus tepat waktu , dan belum lagi mengatur jadwal lainnya, Hingga waktu istirahat pun berkurang. 

Buat kamu yang mengalami hal tersebut, ada beberapa tips yang bisa kalian terapkan dalam mengatur waktu lebih baik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline