Lihat ke Halaman Asli

BELINDA DESTI SYAHANI

Mahasiswa SV IPB

Surga dan Neraka Internet

Diperbarui: 15 Juli 2021   13:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Di era modern saat ini teknologi dan informasi pasti sudah berkembang dengan pesat. Berbagai macam teknologi sudah dikembangkan, salah satunya yaitu internet. Internet adalah jaringan komputer yang menghubungkan antara satu media elektronik dengan media elektronik dengan lain yang berguna untuk berkomunikasi, berbagi data, dan menemukan informasi dari seluruh penjuru dengan mudah dan cepat. Maka dari itu, sudah tidak diragukan lagi pasti semua kalangan menggunakan internet untuk melakukan aktivitasnya agar mempermudah dan mengefiensi waktu.

Masyarakat di zaman modern sekarang lebih mudah terbawa arus, maksudnya gampang dipengaruhi oleh keadaan sekitar yang akhirnya membuat mereka tersesat di arus globalisasi. Internet bagaikan pisau yang terdapat bagian sisi tajam dan tumpul. Yang artinya internet memiliki dampak positif atau negatif tergantung penggunanya. Oleh sebab itu, kita sebagai pengguna harus menyaring dan menyeleksi dengan bijak dalam menggunakan internet.

Internet saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok di semua kalagan. Tetapi, sangat disayangkan banyak dari beberapa kalangan yang  menyalahgunakan internet untuk hal yang negatif dan dapat merugikan orang lain. Tidak hanya itu saja, para penyalahguna
internet mungkin bisa menjadi ketergantungan. Hal ini tentu akan berdampak buruk pada dirinya dan juga lingkungan sekitar. 

Berdasarkan beberapa riset yang sudah dicari, berikut merupakan dampak dari penyalahgunaan penggunaan internet, yaitu: mudah mengakses dan menonton video pornografi yang mengakibatkan para penonton kecanduaan atau bahkan yang lebih parah melakukan tindakan seksual, melakukan tindakan bullying di media sosial yang dapat memuat para korban depresi, maraknya tindakan perjudian online yang membuat para pelaku lebih mudah karena tidak perlu pergi ke suatu tempat untuk melakukan perjudian, terjadi kasus penculikan yang berawal dari modus si pelaku untuk mengajak kenalan dan kemudian membujuk korban untuk bertemu langsung di suatu tempat, dan lain sebagainya. Hal-hal yang disebutkan diatas bisa saja terjadi pada diri sendiri jika kita tidak berhati-hati dalam menggunakan internet juga tidak lupa harus dikali dengan ilmu yang cukup dan diimbangi dengan iman yang kuat agar bias menyaring dan mengakses konten-konten yang bermanfaat. Internet memiliki akses yang tak terbatas, oleh sebab itu, informasi yang diperoleh harus disaring dengan bijak.

Namun tenang saja, meskipun memiliki sisi negatif bagaikan neraka ternyata internet juga memiliki sisi positif bagaikan surga loh. Berikut beberapa surga internet bagi pengguna: Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju membuat kita bergantung dengan internet dalam berbagai segi kehidupan karena internet dengan mudah dan cepat mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari penjuru dunia maka tidak bisa dipungkiri semua kalangan lebih sering melihat hp daripada televisi, Memperluas circle pertemanan dengan mudah sehingga bisa mempunyai banyak teman lewat jejaring media sosial, seperti whatsapp, instagram, telegram, facebook, twitter, dan aplikasi yang sedang menjadi favorit semua kalangan di masa ini yaitu tiktok, mudah berkomunikasi jarak jauh dengan sanak saudara atau teman dekat. Tidak hanya itu, kepraktisannya membuat kita terbawa kemanapun, dimanapun, dan kapanpun, misalnya berbagai berita terkini yang sedang marak diperbincangkan yaitu virus corona. Kita bisa dengan mudah mengetahui seperti informasi, perkembangan, penyebaran, hingga langkah pencegahannya. Internet juga memiliki fitur yang menarik sehingga membuat para pengguna menggunakan aplikasi tersebut, misalnya fitur comment yang digunakan pengguna media sosial atau yang biasa kita kenal dengan sebutan netizen untuk mengungkapkan pemikirannya mengenai konten-konten yang disuguhkan oleh para content creator, selain itu fitur direct message membuat semua orang bisa mengenal satu sama lain dengan mudahnya.

Sebagai pengguna internet, kita pasti lebih tahu dan bisa menyaring mana konten yang bermanfaat dan yang merugikan. Alangkah baiknya jika kita sebagai generasi muda harus lebih paham menganai bahaya-bahaya yang ditimbulkan dari internet. Tetapi tidak usah khawatir karena internet juga memiliki segudang manfaat yang mempermudah urusan kita. Oleh sebab itu, dengan memaparkan gagasan diatas diharapkan para pembaca bisa lebih bijak dalam menggunakan internet dan bisa menanggulangi berbagai dampak negatif yang ditimbulkan di berbagai situs jejaring sosial.

 REFERENSI
1, 2, 3, 4




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline