Lihat ke Halaman Asli

Tips Berjalan Kaki yang Aman di Perkotaan, Melangkah Nyaman di Tengah Hiruk Pikuk

Diperbarui: 27 Agustus 2024   19:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Indonesia menduduki peringkat nomor 1 sebagai negara yang paling malas jalan kaki. (Foto: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)

Seperti yang kita ketahui jalan kaki adalah olahraga murah meriah yang bisa dilakukan hampir di mana saja. Namun, di tengah hiruk-pikuk kota besar, aktivitas ini bisa menjadi tantangan tersendiri. 

Walaupun berjalan kaki di perkotaan memiliki banyak manfaat, mulai dari meningkatkan kesehatan hingga mengurangi polusi udara namun, berjalan kaki di kota besar mungkin tidak seindah berjalan di taman atau pedesaan. 

Banyak faktor yang memengaruhi keselamatan dan kenyamanan apabila berjalan kaki di perkotaan, mulai dari kondisi lalu lintas hingga tata kota yang sering kali kurang memadai. 

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa membantu kita berjalan kaki dengan aman dan nyaman di perkotaan.

1. Pilih Rute yang Aman

*) Memilih rute yang aman merupakan langkah pertama yang penting untuk menjamin keselamatan saat berjalan kaki di perkotaan. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

*) Gunakan Trotoar: Jika memungkinkan, selalu gunakan trotoar. Berdasarkan data dari *National Highway Traffic Safety Administration* (NHTSA), sekitar 75% kecelakaan yang melibatkan pejalan kaki terjadi di luar area trotoar. Hindari berjalan di pinggir jalan, terutama di area dengan lalu lintas padat.

*) Hindari Area Rawan Kriminalitas: Sebelum memutuskan rute, ada baiknya melakukan riset tentang wilayah yang akan kita lalui. Beberapa area di perkotaan mungkin memiliki tingkat kriminalitas yang lebih tinggi. 

Gunakan aplikasi atau peta digital yang bisa menunjukkan area rawan kriminalitas untuk membantu kita memilih rute yang lebih aman.

*) Manfaatkan Rute dengan Banyak Penerangan: Saat berjalan di malam hari, pilihlah rute yang memiliki penerangan jalan yang memadai. Area yang terang tidak hanya meningkatkan visibilitas, tetapi juga mengurangi risiko tindakan kriminal

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline