Inovasi dalam bidang manajemen khususnya di bidang pendidikan, menjadi suatu hal yang penting untuk dikaji.
Inovasi manajemen pendidikan sendiri merupakan sebuah ide, yang sesuai dengan kodratnya hanya dalam organisasi sentral, selanjutnya inovasi akan tampak secara nyata jika telah menjadi tindakan/suatu hal yang dihasilkan sebagai konsekuensi inovasi yang dilakukan seseorang maupun kelompok dalam suatu organisasi maupun masyarakat.
Manajemen pendidikan adalah salah satu proses pelaksanaan pendidikan yang didalamnya memuat segala hal yang berkaitan dengan implementasi pendidikan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, penilaian, dan pengarahan.
Selain itu, Soebagio Atmodiwirio menjelaskan, manajemen pendidikan adalah proses untuk melakukan perencanaan, melakukan organisasi untuk memimpin dan untuk melakukan pengendalian. Karena manajemen ini dilakukan dalam dunia pendidikan, maka fokusnya dilakukan oleh para tenaga pendidik serta sumber daya dari pendidikan itu sendiri untuk mencapai tujuan pendidikan.
Sehingga dapat dikatakan manajemen pendidikan yaitu sebuah pengorganisasian pendidikan yang meliputi semua elemen-elemen pendidikan yang hasil akhirnya berupa tercapainya tujuan pendidikan yang diharapkan.
Tujuan dari manajemen pendidikan itu sendiri yaitu terciptanya perencanaan pendidikan yang merata, bermutu, relevan dan akuntabel, meningkatnya citra positif pendidikan, teratasinya mutu pendidikan karena masalah mutu disebabkan oleh manajemennya.
Tujuan lain dari manajemen pendidikan yaitu menciptakan peserta didik yang aktif dalam mengembangkan potensi dirinya agar memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya. Sehingga anak dapat bermanfaat di masyarakat, bangsa, dan negara.
Maka dari itu, sangatlah penting untuk menerapkan manajemen pendidikan di sekolah. Menurut (Yusup, M & Marzani, 2018) berkaitan dengan inovasi manajemen di bidang pendidikan sendiri tenaga pendidik lebih difokuskan kepada upaya meningkatkan kualitas dari profesionalisme nya sebagai pendidik di kelas.
Antara lain dengan meningkatkan kompetensinya dalam merancang dan mengelola pembelajaran dengan seefektif dan sebaik mungkin. Lalu apa saja yang perlu dimiliki sebuah manajemen pendidikan mengetahui kehadiran sebuah manajemen pendidikan dalam melakukan inovasi pendidikan ini sangat berpengaruh.
Terdapat beberapa ruang lingkup dalam manajemen pendidikan, namun tidak hanya mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) saja tetapi seluruh aspek ruang lingkup bidang garapan manajemen pendidikan meliputi Sumber Daya manusia (SDM), Sumber Belajar (SB) dan Sumber Fasilitas dan Dana (SFD) yang ikut serta dalam pengembangan pendidikan juga ikut dikelola.
Sebuah e-learning tentu memiliki unsur yang tersusun di dalam penerapannya yang terdiri dari SDM yaitu tutor, peserta didik, serta admin yang bertanggung jawab dengan sistem kemudian ditambah lagi infrastruktur yang mendukung pembelajaran tersebut, maka seluruh unsur tersebut idealnya dikelola agar penerapannya bisa berjalan dengan baik sesuai prosedur.