Lihat ke Halaman Asli

Bela Audina

Mahasiswi IAIN Jember

Aliran Filsafat Rekonstruksionisme dan Tokoh-tokohnya

Diperbarui: 26 Mei 2020   18:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Assalamu'alaikum wr.wb Disini saya Bela Audina akan memaparkan kembali materi tentang Aliran Filsafat Pendidikan Rekontruksionisme dan Pemikiran Tokoh-tokohnya.

Selamat membaca. Jangan lupa di like.

Pengertian Aliran Filsafat Rekonsionisme

Dalam Filsafat pendidikan aliran rekonstruksionisme adalah suatu aliran yang berusaha merombak tata susunan lama dan membangun tata susunan hidup kebudayaan yang bercorak modern. Tujuan utama dari aliran filsafat rekonsionisme dapat mengatur tata kehidupan manusia dalam suatu tatanan baru seluruh lingkungannya. 

Aliran rekonstruksionisme berkeyakinan bahwa tugas penyelamatan dunia merupakan tugas semua umat manusia atau bangsa. Karenanya pembinaan kembali daya inetelektual dan spiritual yang sehat akan membina kembali manusia melalui pendidikan yang tepat atas nilai dan norma yang benar pula demi generasi sekarang dan generasi yang akan datang, sehingga terbentuk dunia baru dalam pengawasan umat manusia.  

Oleh karena itu, pada aliran rekonstruksionisme ini, peradaban manusia masa depan sangat ditekankan. Disamping itu aliran rekonstruksionisme lebih jauh menekankan tentang pemecahan masalah, berfikir kritis dan sebagainya.

Tokoh-tokoh dalam Aliran Filsatat Rekonsionisme

1. Caroline Patt

Menurut pemikiran Caroline Patt  bahwa nilai terbesar suatu sekolah harus menghasilkan manusia-manusia yang dapat berfikir secara efektif dan bekerja secara konstruktif, yang saat bersamaan dapat membuat suatu dunia yang lebih baik dibandingkan dengan sekarang ini untuk hidup didalamnya. 

Oleh karena itu, pada aliran rekonstruksionisme ini, peradaban manusia masa depan sangat ditekankan. Disamping itu aliran rekonstruksionisme lebih jauh menekankan tentang pemecahan masalah, berfikir kritis dan sebagainya. Dalam aliran rekonstuksionisme ini membahas tentang tujuan pendidikan, kurikulum, metode, siswa dan pendidik.

2. George Count

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline