Lihat ke Halaman Asli

Minimnya Tingkat Kesadaran akan Lingkungan Hidup

Diperbarui: 30 Desember 2021   19:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

MINIMNYA TINGKAT KESADARAN AKAN LINGKUNGAN HIDUP

Bela Nusa Bela

Ahmadjmc56@gmail.com

3120023

IAT B

 Fenomena seperti ini, di zaman sekarang memanglah masih berkelanjutan sampai detik ini, lantaran minimnya wawasan dan prasarana penopang dalam menangani lingkungan. Sehingga membentuk rasa kepedulian terhadap lingkungan sangat minim, padahal lingkungan hidup merupakan suatu kondisi alam beserta isinya yang saling berhubungan timbal balik antara yang satu dengan yang lainnya. Sebagaimana diutarakan oleh Elly M. Setiadi bahwasanya lingkungan hidup ialah sebuah integritas ruang yang didalamnya tersusun menjadi satu, yang meliputi semua benda, keadaan, daya, makhluk hidup termasuk yang ada pada diri manusia beserta perilakunya (Rusdiana, 2012: 140). Didalam Al-qur'an pun sudah dijelaskan mengenai berakhlak baik dengan lingkungan diantaranya yaitu pelestarian, perbaikan, pemanfaatan.

Contoh QS. Ar-Rum 41-42, yang berbunyi:

--

" Telah terlihat kehancuran di daratan maupun dilautan yang diakibatkan oleh prilaku manusia; Allah menghendaki supaya mereka menikmati separuh dari (balasan) ulah mereka, supaya mereka balik (ke jalur yang benar).

-

 Katakanlah (Muhammad), " Berpergianlah di bumi kemudian lihatlah bagaimana kesudahan orang-orang terdahulu. Kebanyakan dari mereka orang-orang yang mempersekutukan (Allah)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline