Lihat ke Halaman Asli

Bekty NurFatimah

Universitas Diponegoro

Mahasiswa Undip Petakan Pos Imunisasi Program BIAN Tahun 2022 Di Wilayah Kerja Puskesmas Kebumen 1

Diperbarui: 3 September 2022   14:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Kebumen (25/8/2022) - Dalam rangka mendukung BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) Tahun 2022, LPPM Universitas Diponegoro bekerja sama dengan UNICEF berupaya melakukan kegiatan berupa KKN Tematik dengan tema "Percepatan Imunisasi dalam Rangka Mendukung Program KEJAR dan BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) Tahun 2022" di Provinsi Jawa Tengah, salah satunya di Puskesmas Kebumen 1, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen.

Saat ini, peta sangat diperlukan untuk memudahkan dalam mobilisasi ke pos imunisasi, terutama untuk pengguna yang belum mengetahui wilayah Kebumen. Pos imunisasi yang berada di wilayah kerja Puskesmas Kebumen 1 belum terpetakan secara baik (hanya menggunakan seperti denah). Oleh karena itu, mahasiswa KKN Tematik UNDIP X UNICEF membuat Peta Identifikasi Pos Imunisasi Program BIAN Tahun 2022 di Wilayah Kerja Puskesmas Kebumen 1.

Dokumentasi pribadi

Wilayah kerja Puskesmas Kebumen 1 terdiri dari 9 desa, yaitu Desa Bandung, Candimulyo, Candiwulan, Kalijirek, Kawedusan, Kembaran, Muktisari, Murtirejo, dan Desa Sumberadi serta 2 kelurahan yaitu Kelurahan Panjer dan Kelurahan Tamanwinangun. Lokasi pos imunisasi setiap desa/kelurahan berbeda-beda seperti di balai desa, balai warga, kantor kepala desa, pendopo, pos PAUD, dan GOR.

Mas Dimas selaku IT Puskesmas Kebumen 1 menanggapi "Kami berterima kasih buat petanya, ini sangat membantu kami karena selama ini belum ada peta yang seperti ini hanya kotakan-kotakan seperti denah. Semoga nantinya peta dapat dikembangkan lagi, tidak hanya pos imunisasi Program BIAN saja, tetapi mencakup semua posyandu (52 posyandu) yang ada di wilayah kerja kami."

Dokumentasi pribadi

Dengan adanya Peta Identifikasi Pos Imunisasi Program BIAN Tahun 2022 ini diharapkan dapat dikelola dan digunakan dengan sebaik-baiknya karena dapat memudahkan dalam mobilisasi ke lokasi pos imunisasi dalam rangka imunisasi BIAN atau imunisasi yang lainnya atau bahkan program dari Puskesmas yang melibatkan banyak sasaran di setiap kelurahan/desa wilayah kerja Puskesmas Kebumen 1.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline