Lihat ke Halaman Asli

PR untuk Pemerintahan

Diperbarui: 29 Juni 2015   18:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Pekerjaan Rumah apa yang sebaiknya segera diselesaikan oleh Pemerintahan Indonesia saat ini, di Bulan Ramadhan ini banyak PR yang datang untuk selanjutnya harus segera dicarikan solusi oleh pemerintahan karena mengingat hal tersenut merupakan berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya adalah di bidang ekonomi, saat ini harga kebutuhan pokok serba naik, apalagi nanti mendekati Lebaran bisa saja semua kebutuhan pokok harganya akan mellunjak tinggi, hal ini membuat masyarakat mengeluh. Dari pemerintahan sendiri sebenarnya telah ada upaya untuk menanggulanginya seperti kemarin yang dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan yang melakukan operasi pasar murah tujuannya adalah masyarakat luas tidak terlalu dibebankan dengan harga kebutuhan pokok yang semakin melunjak. Selain itu tujuannya juga selain memenuhi kebutuhan pokok masyarakat di daerah-daerah juga untuk pemerataan distribusian kebutuhan pokok serta melakukan pemantauan harga dalam jangka waktu tertentu.

Harga Kebutuhan pokok memang melambung tinggi contohnya saja Bawang Merah, di pasar induk harganya per kilogram mencapai Rp.36.000,00 berbeda dari harga petani yang hanya mencapai Rp.8.000,00 per kilogram. Menteri Perdagangan Rahmat Gobel mengatakan bahwa panjangnya rantai pemasokan kebutuhan-kebutuhan pokok tersebut salah satunya yang menyebabkan harga kebutuhan pokok tersebut melambung. Pemerintahan dalam hal ini perlu mengadakan evaluasai maupun mengkaji bagaimana sistem maupun proses pendistribusian kebutuhan-kebutuhan pokok ini sampai di pasaran agar adanya keseimbangan harga yang relevan antara di pertanian dengan di pasaran dan untuk mengimbangi harga yang semakin melambung selain itu juga agar salah satu pihak tidak ada yang dirugikan dalam hal ini.

Operasi Pasar murah akan gencar dilakukan dibeberapa daerah di Idonesia mengingat bulan ini adalah bulan Ramadhan juga maka Operasi Pasar murah ini dilaksanakan hingga H-2 Idhul Fitri di beberapa derah seperti Jakarta, Bengkulu dan lainnya. Pasar murah ini merupakan strategi yang dilakukan oleh pemerintahan dengan tujuannya adalah menjamin kesetabilan stok kebutuhan pokok yang ada dipasaran juga membuat harga-harga tersebut ditekan dan juga pemerintah dalam hal ini lebih dapat mengawasi agar tidak ada banyaknya titik titik pendistribusian kebutuhan pokok ini yang membuat harganya melambung tinggi dan mencarikan solusi apa yang tepat digunakan ubtuk sistem distribusi kebutuhan pokok sampai kepasaran




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline