Lihat ke Halaman Asli

Mengaji Kitab Syafinatunnajah

Diperbarui: 31 Mei 2017   23:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

#rukunislam

Kitab Kuning Syafinatunnajah merupakan salah satu kitab kuning yang diajarkan di Ponpes Salaf sebagai kitab awal atau kitab dasar bagi santri-santri yang mondok di pesantren tersebut. Kitab Syafinatunnajah di karang oleh Almaghfurllah Syech Salim bin Sumair Al Hadhromi. Berikut kutipan dari kitab Syafinatunnajah yang saya foto dengan iphone 4 :

Bab rukun Islam

Bahwa rukun Islam itu ada enam : yang pertama yaitu bahwa bersaksi tiada Tuhan yang patut disembah selain Alloh Ta'ala atau disebut syahadat tauhid, yang kedua bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan dan rosul Alloh Ta'ala atau syahadat rosul, yang ke tiga mendirikan sholat, mengerjakan sholat yang lima waktu yang wajib dikerjakan yaitu: sholat dhuhur, ashar, magrib, isak dan shubuh. Yang ke empat membayar zakat kepada delapan golongan antara lain : fakir, miskin, amil, mualaf, hamba sahaya, ghorim,sabilillah, dan ibnu sabil.

Yang ke lima puasa di bulan Romadlon dan yang ke enam yaitu pergi haji ke Baitulloh bagi orang yang mampu baik biaya perjalanan dan kemampuan yang lainnya. 

Dokumen pribadi

Demikian sedikit dari sekian banyak bahasan yang diajarkan di dalam kitab Syafinatunnajah.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline