Lihat ke Halaman Asli

Mengapa Pengangguran di Indonesia Sangat Tinggi?

Diperbarui: 21 Maret 2018   21:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Badan Pusat Statistik atau disingkat BPS melaporkan jumlah pengangguran di Indonesia pada Januari 2018 sebanyak 7,56 juta orang dan periode yang sama pada tahun lalu sebesar 7,24 juta jiwa.

Agustus 2017 tingkat terbuka menurut dinas pendidikan didominasi oleh Sekolah Menengah Kejuruaan atau SMK sebesar 12,65% disusul oleh Sekolah Menengah Atas atau disingkat SMA sebesar 10,32 sebesar 7,54%, sarjana 6,40% ,Sekolah Menengah Pertama suatu SMP sebesar 6,22% dan sekolah dasar ke bawah sebesar 2,74%.

Mengapa jumlah pengangguran di Indonesia sangat tinggi?

Banyak orang yang bertanya demikian, jelas ini sangat mengharukan pasalnya Indonesia adalah negara yang besar, Indonesia memiliki daratan dan lautan yang luas, lalu timbullah pertanyaan Apakah daratan dan lautan yang luas ini tidak cukup sebagai ladang pekerjaan bagi para pengangguran di Indonesia?.

Lahan bukanlah satu-satunya tempat untuk mencari pekerjaan, sebagai contohnya adalah negara Qatar dimana negara ini tidak memiliki lahan yang cukup luas. Luas negaranya hanya 11.500 KM saja tapi mengapa pengangguran di negara ini sangat sedikit atau sangat kecil. Mari Kita Bahas.

Kurangnya Orang Yang Jujur

Menurut saya cukup penting namun sedikit yang memperhatikannya pasti Setiap perusahaan menginginkan para pekerja yang jujur, inilah sulitnya di Indonesia. Orang jujur di Indonesia sedikit padahal banyak keuntungan menjadi orang yang jujur, kalau anda bekerja jujur bisa saja bos anda mempercayakan anda untuk memimpin perusahaannya saat ia tidak ada. Dia Tidak terlalu memikirkan sejauh mana Pendidikan anda, tapi sejauh mana kamu dapat berkata dan berbuat jujur.

Tidak Efektifnya Pendidikan di Indonesia

Kebanyakan pelajar Indonesia bersekolah hanya untuk mendapatkan nilai dan ijazah yang membuat mereka menjadi malas dan saat ujian, akhirnya nyontek dan karena kebiasaan menyontek ini mereka menjadi tidak jujur.

Nah karena ketidakjujuran nya inilah membuatnya menjadi tidak dicari oleh pekerjaannya, disinilah niat kita harus diperbaiki dari awal kalau memang pendidikan di Indonesia kurang bagus setidaknya kita tetap harus menjadi orang yang bagus.

Beberapa bukti kebobrokan pendidikan yang seharusnya bisa ditiadakan malah diadakan salah satunya adalah kegiatan ospek yang sangat tidak manusiawi mereka di dandan seperti orang gila saat masuk sekolah mereka diajarkan menjadi orang gila dan saat keluar sekolah otomatis menjadi gila beneran.

Banyak Pekerjaan yang di Ambil alih oleh Orang Asing

Perusahaan asing banyak mencari sumber daya alam di Indonesia, orang Indonesia sebenarnya mempunyai peluang besar untuk mengelolanya sendiri namun mereka lebih senang menjadi anak buah, banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia yang dipimpin oleh orang asing.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline